Musrenbang RPJPD Medan 2025-2045, Ini Kata Wali Kota Medan…

Medan130 Dilihat

MEDAN || Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan, dibutuhkan keberlanjutan, kesinambungan, dan keselarasan antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Hal ini disampaikannya pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Medan 2025-2045 yang dibuka Pj Gubsu Hassanudin, Senin (20/5) di Hotel Four Point.

Dalam kegiatan yang dihadiri antara lain oleh Wakil Wali Kota H Aulia Rachman, Ketua TP PKK Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution, unsur Forkopimda, Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Medan Isabella Pencawan Obaja Putra Ginting, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan perangkat daerah, camat, stakeholder, dan narasumber itu, Bobby Nasution mengatakan mungkin banyak yang sudah mendengar dan membicarakan tentang Indonesia Emas 2045.

Mungkin saja, lanjutnya, bagi rakyat yang bukan birokrat maupun aparat pemerintahan, Indonesia Emas 2045 suatu bayangan yang sulit digambarkan. Sama seperti kondisi hari ini yang mungkin berat digambarkan pada 10 atau 20 tahun lalu.

“Mungkin dulu kita tidak pernah membayangkan bagaimana bisa berkomunikasi secara virtual, bagaimana bisa melaksanakan kegiatan formal tanpa harus bertatap muka secara langsung, sebagaimana yang bisa kita lakukan hari ini,” jelasnya seraya menambahkan dulu belum pula terbayangkan kini dunia digital dan internet menjadi hal yang tidak terpisahkan dari diri manusia.

Menurut Bobby Nasution, apa yang tidak terbayangkan pada hari ini sangat mungkin terjadi saat Indonesia Emas terwujud. Wali Kota mengilustrasikan tentang orang Indonesia yang rela begadang atau bangun tengah malam untuk menonton pertandingan sepak bola antara MU dan Arsenal yang berlangsung di stadion di Inggeris.

Bobby Nasution menyatakan, Indonesia Emas 2045 membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Salah satu kendala dalam melahirkan SDM unggul ini adalah masalah penyalahgunaan narkoba.

Pada bagian akhir, Bobby Nasution mengatakan banyak pekerjaan rumah Kota Medan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Tentunya, dalam menyelesaikan pekerjaan ini dibutuhkan keselarasan antara Pemko Medan dan Pemprovsu.

Dalam kesempatan itu, Bobby Nasution meminta kepada Pemprovsu agar Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) untuk Medan tahun ini meningkat, minimal sama besarnya seperti 2023 guna mendukung penyelesaian beberapa sektor pembangunan pada 2024.***WASGO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *