Pemko Gunungsitoli Laksanakan FGD Penyusunan Publikasi Data Akurat BPS

Sumut593 Dilihat

 

GUNUNG SITOLI || Dalam rangka Penyusunan Publikasi Kota Gunungsitoli Dalam Angka 2023, maka untuk menghasilkan data yang akurat Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Gunungsitoli dan Pemko Gunungsitoli mengadakan Focus Group Discussion (FGD) yang diikuti oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah/Pimpinan Instansi Vertikal/Pimpinan BUMN dan BUMD, bertempat di Ruang Rapat II Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Selasa (07/02/2023).

Wali Kota Gunungsitoli dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Drs. Oimonaha Waruwu menyampaikan sesuai dengan Peraturan Wali Kota Gunungsitoli Nomor 27 Tahun 2022 tentang penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) di Kota Gunungsitoli, perlu dipahami bersama bahwa seluruh Perangkat Daerah/BUMN/BUMD/Instansi Vertikal adalah produsen data. Data-data yang dihasilkan harus akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan.

Saya menghimbau kepada Bapak/Ibu dalam melakukan kegiatan statistik baik survei, pendataan, maupun kompilasi produk administrasi, harus berkoordinasi serta mendapatkan rekomendasi terlebih dahulu dari BPS sebagai pembina data. Hal ini sesuai dengan Perpers No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia,” ucap Sekda.

Masih disampaikannya, Data Perangkat Daerah/BUMN/BUMD/Instansi Vertikal akan disajikan pada Buku Kota Gunungsitoli Dalam Angka 2023 yang selanjutnya akan digunakan oleh para stakeholder sebagai rujukan dalam hal perencanaan dan evaluasi pembangunan, juga dapat digunakan oleh kalangan akademis sebagai bahan penelitian.
Untuk itu, kita semua dituntut agar bersungguh-sungguh dalam melaksanakannya. Keberhasilan Penyusunan Kota Gunungsitoli Dalam Angka Tahun 2023 sangat ditentukan oleh niat, tekad, dan kesungguhan kita semua,” ujarnya mengakhiri

Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut adalah Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Gunungsitoli Ardiyansyah Tanjung, S.AP., MAP, Kepala BPS Kota Gunungsitoli Muhammad Ervin Sugiar dan moderator Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Drs. Arham Dusky Hia, M.Si.***RESTU

EDITOR: ADI SISWOYO WASGO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *