Pemkab Nias Laksanakan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio

Nias480 Dilihat

 

NIAS || Menindaklanjuti Surat Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor SR.02.06/Menkes/32/2023 tanggal 20 Januari 2023 tentang Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) dalam Rangka Penanggulangan KLB Polio cVDPV2 dan Instruksi Gubernur Sumatera Utara Nomor : 188.54/2/INST/2023 tanggal 7 Februari 2023 tentang Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023, halmana telah ditemukan Kejadian Luar Biasa (KLB) cVDPV2 di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh dengan potensi penularan virus polio (polio risk assessment) dikategorikan berisiko tinggi.

Berdasarkan hasil rekomendasi WHO, Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) dan Komite Ahli Eradikasi Polio bahwa salah satu upaya penanggulangan dan pengendalian penularan Polio tersebut melalui Sub PIN sejumlah 2 (dua) putaran, sehingga diwajibkan wilayah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Aceh melaksanakan Sub PIN Polio, dengan sasaran pelaksanaan Sub PIN Polio adalah anak usia 0 – 59 bulan. Selasa (14/2/2023).

Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-PIN) secara serentak di wilayah Kabupaten Nias dimulai pada tanggal 15 Februari 2023 dalam waktu 1 (satu) minggu ditambah 5 (lima) hari sweeping. Sasaran pelaksanaan Sub PIN Polio adalah anak usia 0 – 59 bulan dengan jumlah sasaran menurut Pusdatin (Kementrian Kesehatan RI) sebanyak 17.291 orang.

Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio (Poliomyelitis) yang berasal dari virus yang termasuk golongan Human Enterovirus yang bereplikasi di usus dan dikeluarkan melalui tinja/feses yang mengandung virus polio. Polio adalah penyakit menular yang sangat berbahaya, dapat menyebabkan Kelumpuhan/kecacatan seumur hidup/kematian.

Polio menular lewat air dan makanan yang terkontaminasi dengan tinja yang mengandung virus polio. Polio tidak dapat diobati hanya dapat dicegah dengan imunisasi Polio. Imunisasi Polio diberikan Gratis di Posyandu, TK/PAUD dan Pos Imunisasi Lainnya.

Untuk meningkatkan kekebelan Biasakan untuk :

1. Lengkapi imunisasi rutin anak usia 0 – 24 bulan

2. Cuci tangan pakai sabun

3. Jangan Buang Air Besar (BAB)/berak sembarangan

4. Minuman dan makanan di masak sampai matang.

Untuk perlindungan optimal terhadap polio maka diharapkan kepada masyarakat Kabupaten Nias untuk datang ke Puskesmas terdekat membawa anak-anaknya yang berumur 0 sampai dengan 59 bulan untuk mendapatkan tetes imunisasi Polio secara Gratis melalui kegiatan Posyandu di fasilitas kesehatan. Sehat Negeriku Sehat Bangsaku.***RESTU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *