Bupati Nias Resmikan Jembatan Cinta Kasih Hilioraluo Desa Orahili

Nias512 Dilihat

NIAS || Bupati Nias, Ya’atulo Gulo SE SH MSi resmikan Jembatan Cinta Kasih Hilioraluo Desa Orahili Kecamatan Ulugawo Kabupaten Nias, bertempat di Rumah Ama Voni, ketua BPD Hiliwetogela Kecamatan Ulugawo, Kabupaten Nias. Senin (20/03/2023).

Mengawali kegiatan tersebut, Kepala Desa Orahili melaporkan bahwa pada bulan September 2022, perangkat desa dan seluruh jajaran menyampaikan kepada koramil 023 idanogawo untuk mencari solusi untuk membangun akses yaitu jembatan yang menghubungkan desa di seberang sungai yakni Lawa-Lawa Luo, Hiliweto Gela, Orahili ditambah lagi di wilayah desa tersebut terdapat 2 (dua) Gedung SD, 1 (satu) Gedung SMP dan 4 (empat) Gedung Gereja.

“Koramil 023 Idanogawo berinisiatif mencari donatur yang dapat mensponsori kegiatan pembangunan jembatan tersebut dan Puji Tuhan telah bekerjasama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Cabang Medan” ujar Kepala Desa Orahili.

“Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Cabang Medan telah bersedia untuk mendanai seluruh biaya bahan material dan para pekerja yang merupakan swadaya dari masyarakat desa.”

Ia juga berharap agar ke depannya dapat dibangun Bronjong agar keberadaan Jembatan tetap kokoh dan tidak ambruk bilamana terjadi banjir” tambahnya.

Ketua Pengurus Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Cabang Medan, Mujianto dalam sambutannya menyampaikan agar masyarakat dapat bersama-sama merawat jembatan tersebut.

Ia mengatakan bahwa di Kepulauan Nias sudah ada 6 (enam) jembatan yang telah dibangun oleh yayasan tersebut.

Dalam sambutannya Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Cabang Medan atas perhatiannya di Kabupaten Nias yang sangat bermanfaat bagi kemanusiaan.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa pernah diusulkan sebanyak 18 pembangunan di Kementerian Sosial namun sampai sekarang masih belum terealisasi.

“Kami butuh sebanyak itu karena di Kabupaten Nias ada 170 Desa dan 10 Kecamatan dan masih 22 desa lagi yang terisolasi dan tidak dapat dilalui oleh kendaraan sama sekali dan paling banyak berada di Kecamatan Somolo-molo, Kecamatan Ulugawo dan Kecamatan Ma’u karena aksesnya banyak melewati sungai” terang Bupati Nias

Diakhir sambutannya, Bupati Nias berterimakasih kepada Kepala Desa yang telah menggerakkan kegiatan gotong-royong untuk pembangunan jembatan dan berharap agar lebih ditingkatkan lagi ke depannya.

“Marilah kita rawat aset ini, apalagi akan memperbaiki tingkatan kinerja desa dalam hal pendidikan, kesehatan dan perekonomian, baik sarana dan prasarana yang ada agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya” tutupnya sesuai sumber niaskab.go.id.

Pada kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Camat Ulugawo, Camat Idanogawo, Ketua Pengurus Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Cabang Medan beserta rombongan, mewakili Kodim 213 Nias, mewakili Danramil 023 Idanogawo beserta anggota, mewakili Polres Nias, mewakili Polsek Idanogawo dan Polsek Ulugawo, Para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Bapak/Ibu Guru beserta seluruh hadirin.***RESTU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *