Bendungan Keureuto Terhambat Pembebasan Lahan, Jokowi Targetkan Selesai 2023

Ragam1006 Dilihat

 

ACEH UTARA || Pembangunan Bendungan Keureuto, Aceh Utara, Aceh terkendala pembebasan lahan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Bendungan Keureuto rampung tahun ini.

Hal ini diungkap Jokowi saat sesi tanya jawab antara Pemerintah dengan milenial dan gen Z di Gedung Pertemuan PT Pupuk Iskandar Muda yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (14/2/2023). Mulanya, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, Muhammad Fadli bertanya kepada Jokowi mengenai penanganan banjir di Aceh Utara.

“Aceh utara setiap tahun itu dua sampai empat kali kita dilanda banjir,” keluh Fadli.

Padahal ia yakin Bendungan Keureuto mampu menampung 30% banjir. Namun, hingga kini bendungan tersebut belum rampung.

“Bagaimana penanganan banjir ini bisa terintegrasi ke proyek secara nasional?” kata Fadli.

Kemudian Jokowi merespons. Jokowi menyebut permasalahan mandeknya proyek Bendungan Keureuto karena terkendala pembebasan lahan.

“Problemnya dulu memang harus sudah jadi ini bendungan, ini problem di masalah pembebasan lahan, jadi mundur, mundur,” terang Jokowi.

“Tapi tahun ini rampung, insyaallah,” tegasnya.

Kemudian, giliran mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe, Al-Ibran Risnaldi, curhat ke Jokowi. Ia meminta Pemeritah Indonesia membuat rumah kreatif bagi pemuda di Aceh. Apa kata Jokowi?

“Mengenai rumah kreatif akan kita bangun tahun ini,” jelas Jokowi.

Jokowi menyebut pemerintah akan mendirikan rumah kreatif di Banda Aceh. Anggaran pembangunan rumah kreatif di Aceh tersebut cukup besar.

“Saya ingin buat contoh satunya dulu yang gede. Creative Hub ada di Banda Aceh kita mulai tahun ini senilai berapa ya kira-kira Rp 140 miliar. Gede banget,” tambah Jokowi.

Jokowi menegaskan ia tak ingin nantinya Creative Hub itu dikelola Pemda. “Maaf pak gubernur, tetapi dikelola yang muda-muda ini,” ujar Jokowi diiringi tepuk tangan.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *