Zulhas Beberkan Isi Pertemuan Tertutup 3 Ketum KIB

Uncategorized505 Dilihat

JAKARTA || Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas mengungkapkan isi pertemuan dirinya dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Plt Ketum PPP Mardiono sebagai inisiator KIB. Zulhas mengatakan pertemuan para ketum itu membahas komitmen rencana pembentukan koalisi besar.

Diketahui ketiga ketum KIB sempat menggelar pertemuan tertutup belum lama ini. Pertemuan itu digelar di tengah wacana terbentuknya koalisi besar yakni gabungan KIB dan KKIR besutan Gerindra dan PKB.

“Koalisinya koalisi kebangsaan agar komitmen kebangsaan kita itu terjaga. Itu aja,” kata Zulhas di kantor DPP PAN, Warung Buncit, Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Waketum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan pertemuan Zulhas, Airlangga, dan Mardiono, dalam rangka mematangkan rencana koalisi besar. Menurutnya, ketiga parpol terus mencari titik temu dari berbagai kepentingan politik.

“Iya diskusi soal rencana koalisi kebangsaan. Jadi kan meskipun berbeda kepentingan politik, masing-masing parpol kan memiliki subjektifitas kepentingan dan itu wajar karena seluruh mekanisme dan aturan parpol masing-masing berbeda,” kata Viva.

“Dalam rangka untuk membangun koalisi besar, koalisi kebangsaan, masing-masing kepentingan itu diposisikan di meja perundingan secara kolektif kolegial untuk memperbanyak titik temu dari seluruh hasil kepentingan itu,” lanjut dia.

Viva mengatakan pembahasannya termasuk soal sikap elite PPP yang meragukan terwujudnya koalisi besar.

“Ya itu menjadi bahan pertimbangan salah satunya oleh para analis politik kan begitu. (Soal PPP meragukan koalisi besar) Itu dimukakan soal diskusi-seperti seperti itu,” ujarnya.

Kabar pertemuan tertutup ketiga ketum KIB ini mulanya disampaikan Waketum PPP Amir Uskara. Dia mengatakan pertemuan itu untuk membahas koalisi besar hingga hubungan dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

“Kalau koalisi besar kan kita kan tetap sudah sampaikan kita di KIB selalu terbuka ya dengan partai-partai lain yang mau bergabung, termasuk koalisi lain yang mau bergabung, nanti misalnya koalisi besar betul-betul terjadi, tentu yang akan kita bicarakan adalah yang akan kita usung bersama-sama,” kata Amir di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/4).

Amir menyebut Ketum Partai Golkar Airlangga, Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas), dan Plt Ketum PPP Mardiono sempat bertemu untuk membahas koalisi. Pertemuan berlangsung di wilayah sekitar Jakarta.

“Jadi kami misalnya di internal KIB beberapa 2, 3 malam lalu ketemu lagi para ketua umum kemudian nanti hubungan komunikasi yang kita bangun dengan misalnya dengan Gerindra tetap ada. Ya sekitar itu lah (Jakarta),” ujarnya.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *