Taiwan Donasikan 1.000 Paket Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Ragam959 Dilihat

JAKARTA || Pemerintah Taiwan mendonasikan 100.000 US Dollar untuk para korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat melalui Yayasan Amal Tiga Roda sebagai koordinator dan fasilitator pembagian bantuan.

Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (TETO) dalam siaran pers yang diterima Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Jakarta, Jumat (17/3/2023), menyebutkan acara serah terima donasi (sumbangan) diwakili oleh Deputi Representatif TETO, Steve Chen dan Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Cianjur, Dedi Sudrajat.

Adapun gelombang pertama donasi berupa 1.000 paket bantuan yang diserahkan secara simbolis pada acara serah terima bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur pada 15 Maret 2023.

Dedi Sudrajat mewakili Bupati Cianjur menyampaikan terima kasih kepada Taiwan atas bantuan yang disumbangkan serta atas semua bantuan yang diberikan untuk korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

Sementara itu Steve Chen dalam sambutannya mengemukakan, saat mendapat informasi tentang terjadinya gempa bumi di Cianjur, Pemerintah Taiwan saat itu juga menyampaikan rasa belasungkawa dan perhatian yang tulus kepada Pemerintah Indonesia serta mendonasikan 100.000 US Dollar melalui Yayasan Amal Tiga Roda untuk mengkoordinasikan penyerahan bantuan.

Pemerintah dan masyarakat Taiwan berharap bantuan tali kasih itu dapat memberikan kehangatan bagi para korban gempa bumi di Cianjur. Gempa di Cianjur terjadi pada 21 November 2022 dengan berkekuatan 5.6 SR. Gempa bumi tersebut menyebabkan ratusan korban jiwa dan puluhan ribu warga mengungsi akibat kehilangan tempat tinggal.

Dalam kaitan itu, Ketua Umum Yayasan Tiga Roda, Zhong Wen Lin yang bertanggungjawab mengkoordinasikan kegiatan bantuan menyampaikan, setelah bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, pihaknya telah berkali-kali datang ke lokasi bencana untuk melihat dan memberikan bantuan, dan ke depan akan terus mengkoordinasikan dan melaksanakan penyerahan bantuan.

Paket bantuan yang telah disiapkan oleh Yayasan Amal Tiga Roda bernilai Rp 250.000 untuk setiap paketnya, terdiri dari selimut, minyak goreng, garam, gula, makanan kering dan bahan pokok lainnya.

Yayasan Amal Tiga Roda telah menyiapkan 2.000 paket bantuan. Sebanyak 1.000 paket bantuan telah diserahkan melalui Pemerintah Kabupaten Cianjur pada 15 Maret 2023, dan sebanyak 1.000 paket bantuan lainnya akan diserahkan secara langsung ke daerah-daerah terpencil yang dilanda bencana di Cianjur.

Yayasan Amal Tiga Roda sendiri adalah yayasan yang didirikan oleh pengusaha Taiwan di Indonesia serta terdaftar sebagai organisasi non profit di Indonesia.

Yayasan tersebut telah lama bekerjasama dengan TETO untuk memberikan bantuan di berbagai daerah di Indonesia, seperti untuk membantu penanggulangan bencana, pengentasan kemiskinan, bantuan pertolongan darurat serta bantuan kemanusiaan lainnya.

Dengan pengalaman yang banyak dalam memberikan bantuan serta kemampuan mobilisasi dan integrasi yang tinggi, Yayasan Amal Tiga Roda telah menerima banyak apresiasi dari ekspatriat Taiwan dan masyarakat Indonesia.***REL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *