Survei Capres LSP: Prabowo Tembus 33,4%, Ganjar 21,2%, Anies 20,4%

Politik786 Dilihat

JAKARTA || Lingkaran Suara Publik (LSP) merilis hasil survei elektabilitas tokoh potensial calon presiden (capres) di Pemilu 2024. Hasilnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berada di urutan teratas, sedangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan eks Gubernur DKI Anies Baswedan menyusul.

Survei ini dilakukan pada periode 1-10 Maret 2023. Survei digelar dengan melibatkan 1.230 responden.

LSP melibatkan responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia dan diwawancara langsung dengan bantuan kuesioner. Survei ini diklaim memiliki tingkat kepercayaan 95% dengan margin of error kurang lebih 2,8%.

Direktur Eksekutif LSP Indra Nuryadin memaparkan Prabowo semakin meningkat elektabilitasnya yakni 33,4%. Sementara, lanjut dia, elektabilitas Ganjar Pranowo sebesar 21,2% dan Anies secara konsisten berada di posisi ketiga dengan persentase 20,4%.

Indra mengatakan ada sejumlah faktor yang mengerek elektabilitas Prabowo. Dia menyebutkan, kinerja Prabowo sebagai menteri pertahanan menjadi salah satu faktornya.

“Pertama, kinerja Prabowo yang masih moncer di bidang pertahanan. Tak dipungkiri Jokowi pun sering tampil memberi penghargaan kepada Prabowo dengan hadir pada beberapa acara Kemhan,” kata Indra.

Indra melanjutkan, endorsement Jokowi terhadap Prabowo juga menjadi faktor kuat. Menurutnya, Prabowo kerap mendampingi Jokowi.

“Kedua endorsement Jokowi terhadap Prabowo semakin intens. Ketiga Musra Relawan Projo di berbagai provinsi memunculkan nama Prabowo sebagai pilihan utama capres,” ujarnya.

“Keempat bergesernya dukungan organ relawan Jokowi yang mendukung Ganjar ke Prabowo dan terakhir semakin intensnya Prabowo menyapa tokoh-tokoh berpengaruh dan menyapa rakyat di basis-basis pemilihnya dulu semakin menaikkan keyakinan dan kepercayaan pilihan terhadap Prabowo,” imbuh dia.

Berikut urutan elektabilitas capres menurut survei LSP (pertanyaan tertutup):

-Prabowo Subianto 33,4%

-Ganjar Pranowo 21,2%

-Anies Baswedan 20,4%

-Ridwan Kamil 8,8%

-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 6%

-Khofifah Indah Parawansa 1,8%

-Sandiaga Uno 1,4%

-Erick Thohir 1,4%

-Puan Maharani 1,3%

-Muhaimin Iskandar 1,1%

-Airlangga Hartarto 1%

-Mahfud Md 0,5%

-Andika Perkasa 0,3%

-Ahmad Heryawan 0,2%

-Lanyalla Mahmud Mattalitti 0,1%

Belum menentukan pilihan 1,1%.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *