Shin Tae-yong Intip Peluang Loloskan Indonesia ke Piala Dunia 2026

Olahraga824 Dilihat
JAKARTA || Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong kini punya target baru. Ia mengintip peluang meloloskan Garuda ke Piala Dunia 2026.
Kegagalan meloloskan Indonesia ke Olimpiade 2024 kini coba mulai coba dilupakan. Tinggal selangkah lagi mewujudkan mimpi, Indonesia akhirnya kalah 0-1 dari Guinea di playoff Olimpiade.

Tapi Timnas Indonesia punya kesempatan emas lainnya, yakni mulai menapaki mimpi untuk lolos ke Piala Dunia. Garuda akan melakoni dua laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina pada 6 dan 11 Juni 2024.

“Sayang sekali, pada akhirnya kami gagal melangkah ke Olimpiade. Saya, masyarakat Indonesia, pendukung Timnas, dan juga para pemain, lalu PSSI, dan Pak Erick Thohir, semuanya pasti sangat kecewa,” kata Shin Tae-yong dalam pernyataannya yang diunggah akun media sosial resmi Timnas Indonesia.

“Tapi kami tidak akan berhenti. Selanjutnya ada kesempatan ke Piala Dunia. Saya akan menyiapkan tim sebaik mungkin untuk pertandingan berikutnya agar kita bisa lolos ke babak ketiga,” ujarnya menambahkan.

Saat ini Timnas Indonesia menduduki peringkat kedua Grup F dengan raihan tujuh poin hasil dua kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah. Indonesia dikalahkan Irak 1-5, ditahan imbang Filipina 1-1, dan menang 1-0 serta 3-0 atas Vietnam.

Di puncak ada Irak dengan 12 poin berkat keberhasilannya menyapu bersih empat laga dengan kemenangan. Vietnam di posisi ketiga dengan tiga poin dan Filipina di posisi buncit dengan 1 angka.

Itu artinya Garuda butuh tiga poin tambahan untuk mengamankan posisi runner-up dari kejaran Vietnam. Raihan poin maksimal Vietnam adalah 9 poin jika bisa menyapu bersih dua laga sisa melawan Filipina (kandang) dan Irak (tandang).

Secara realistis, Timnas Indonesia seharusnya bisa mengamankan tiga poin dengan mengalahkan Filipina. Sementara saat melawan Irak, harus diupayakan tidak kalah atau minimal meraih hasil imbang untuk menjaga peluang.

Jika lolos dari babak kedua, Indonesia akan melaju ke babak ketiga. Di babak ketiga, akan ada 18 tim yang akan dibagi ke dalam tiga grup yang masing-masing berisi enam tim.

Juara grup dan runner-up babak ketiga akan mendapatkan tiket Piala Dunia 2026. Sementara peringkat ketiga dan keempat akan melanjutkan ke babak keempat untuk merebutkan dua tiket otomatis tersisa dan satu tiket playoff.

“Saya akan mengusahakannya. Oleh karena itu kepada suporter, mohon dukungannya lagi. Kami mohon dukungan yang lebih banyak lagi demi sepakbola Indonesia. Jika kalian memberikan dukungan, para pemain akan semakin melakukan yang terbaik di lapangan,” ucap Shin Tae-yong.

“Pada kesempatan kemarin, di Piala Asia U-23, segala pencapaian kemarin berhasil didapatkan tak lepas dari peran para pendukung. Jadi saya harap dukungan yang lebih banyak lagi. Jangan lelah mendukung kami, mendukung Timnas. Terima kasih,” tutur pelatih asal Korea Selatan itu.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *