Pj Gubsu: HUT ke-76 Provinsi Sumatera Utara Jadi Ajang Evaluasi dan Introspeksi

Medan1400 Dilihat

MEDAN || Sejumlah rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah terlaksana, mulai dari dialog interaktif, ziarah ke makam tokoh-tokoh Sumut, kunjungan dan pemberian bantuan sosial ke panti asuhan. Momen ini pun diharapkan menjadi ajang evaluasi dan introspeksi ke arah yang lebih baik.

“Memasuki usia 76 tahun, merupakan usia yang relatif matang dan penuh semangat, untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang tertunda, merealisasikan harapan dan tuntutan yang terus tumbuh di tengah-tengah masyarakat Sumut. Peringatan hari jadi Provinsi Sumut ini hendaknya menjadi ajang evaluasi dan introspeksi ke arah yang lebih baik, guna mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sumut,” kata Pj Gubernur Sumut Hassanudin.

Hal tersebut disampaikan Pj Gubernur Hassanudin pada acara Syukuran dan Halal Bihalal Provinsi Sumut dalam Rangka Hari Jadi ke-76 Sumut dan Idulfitri 1445 H, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Kamis (18/4).

Hassanudin kemudian menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan yang telah dicapai, yang dilihat dari indikator makro pembangunan di Sumut tahun 2022-2023. Indikator ini menunjukkan tren positif, seperti pertumbuhan ekonomi 4,73% menjadi 5,01%.

Pengangguran terbuka turun dari 6,16% menjadi 5,89%, angka kemiskinan turun dari 8,42% menjadi 8,25%, dan indeks pembangunan manusia (IPM) meningkat 74,5 poin menjadi 75,13 poin. Hassanudin mengatakan, di balik setiap prestasi yang telah diperoleh, terdapat cerita perjuangan, kerja keras, dan komitmen yang tulus dari seluruh elemen masyarakat dan Pemprov Sumut.

Di hadapan seluruh ASN Pemprov Sumut, Pj Gubernur Aceh, serta para undangan, Hassanudin juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat, Provinsi Sumut akan melaksanakan dua agenda besar, yakni Pilkada 2024, dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh dan Sumut.

“Kami mengajak seluruh komponen masyarakat Sumut, untuk berkomitmen menyelenggarakan Pilkada 2024 dengan aman, lancar, dan sukses. Sehingga pelaksanaan Pilkada di Sumut, bisa menjadi contoh berdemokrasi yang baik dan benar,” ujarnya.

Demikian juga dengan penyelenggaraan PON XXI, yang pertama kalinya dilaksanakan secara bersamaan di dua provinsi. Bagi Provinsi Sumut, ini merupakan penyelenggaraan PON kedua kalinya, setelah tahun 1953.

“Untuk itu kami mengharapkan segenap pihak guna kelancaran dan kesuksesan kegiatan tersebut. Provinsi Sumut harus bisa menjadi tuan rumah yang sukses dalam pelaksanaan dan sukses dalam prestasi, sehingga kegiatan ini dapat mengharumkan dan mempromosikan nama Sumut di kancah nasional,” ucapnya.

Rangkaian peringatan HUT ke-76 Provinsi Sumut diawali dengan dialog interaktif dari sejumlah tokoh, ziarah ke makam pahlawan, paripurna di DPRD Sumut, kunjungan bakti sosial ke sejumlah panti asuhan, hingga pertunjukan tarian 8 multi etnis, penayangan video keberhasilan Provinsi Sumut, pertunjukan paduan suara konsolasio, penampilan stand up komedi Joel Purba, hingga ucapan selamat HUT Provinsi Sumut dari para negara sahabat. Peringatan HUT Pemprov Sumut juga ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun yang diikuti seluruh ASN menyanyikan lagu selamat ulang tahun.***REL/WASGO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *