PCI Sumut Gelar Workshop Perkuat Mental Atlet

Olahraga1027 Dilihat

MEDAN || Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Sumatera Utara (Sumut) menggelar workshop keolahragaan untuk memperkuat mental berlatih atlet cricket  jelang menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Sumut-Aceh yang dibuka langsung oleh Ketua Umum KONI Sumut dalam kegiatan ini diwakili oleh Wakil Ketua 1 Prof. Dr. Agung Sunarno, M.Pd selaku Ketua Satgas Pelatda PON 2024 Aceh-Sumut.

Kegiatan tersebut di gelar di aula KONI Sumut, Jumat (17/5/2024). Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh PCI Sumut adalah dalam rangka komitmen PCI Sumut dalam menyiapkan para atlet berkualitas dan memiliki mental juara dalam menghadapi multi event olahraga terbesar tanah air yang tinggal beberapa bulan lagi.

“Dalam bidang keolahragaan itu ada fisik, teknik taktik dan mental yang harus dimiliki atlet, sebagai bentuk persiapan, pembinaan dan asah mental para atlet  agar siap untuk bertanding dan berlaga ajang pentas olahraga nasional,” ujar Prof. Dr. Ramdan Pelana, S.Or., M.Or sebagai narasumber dalam workshop tersebut.

Ramdan mengatakan bahwa Dalam dunia olahraga, konsentrasi merupakan elemen kunci yang membedakan antara atlet yang sukses dan yang tidak. Konsentrasi yang baik tidak hanya memengaruhi performa atlet dalam pertandingan, tetapi juga dapat memberikan keunggulan kompetitif. Salah satu metode yang terbukti efektif dalam meningkatkan konsentrasi atlet adalah pelatihan mental.

Ia mengatakan, dengan adanya mental yang baik maka semua atlet akan happy dalam menghadapi suatu pertandingan. Tentunya, peluang Sumut untuk meraih medali emas terbuka lebar karena Sumut menjadi tuan rumah cabor cricket pada PON yang akan dihelat pada 8-20 September, mendatang di Aceh dan Sumut.

Sementara itu, Ketua Pengprov PCI Sumut Wangsa Amin didampingi Abdul Hakim Siregar selaku sekretaris mengatakan dengan adanya workshop ini diharapkan membuat para mental atlet putra dan putri cricket Sumut memiliki kesiapan dan dapat meraih prestasi terbaik di ajang perhelatan olahraga bergengsi tanah air yang digelar empat tahun sekali.

Amin menjelaskan melalui workshop maka penguatan mental yang dimiliki atlet mampu memberi dorongan dan semangat serta kemampuan membaca psikologi atlet menjelang saat atlet bertanding. Sehingga diharapkan atlet benar-benar siap tanding pada PON 2024 dalam hal fisik dan mental.

“Latihan mental merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program latihan atlet cricket Sumut. Untuk itu, para pelatih dapat memperhatikan mental atlet, agar dapat menghasilkan mental-mental juara yang dapat mengharumkan nama Sumut. PCI Sumut tetap optimis bahwa para atlet memiliki ketangguhan mental yang cukup untuk meraih kesuksesan. Dengan pembinaan mental yang intensif, Sumut dapat tampil sebagai pesaing tangguh dan meraih prestasi yang membanggakan di PON Aceh-Sumut 2024,” pungkasnya.***REL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *