Mancing Bareng Udang Galah Demi Lestarikan Sungai Siak

Uncategorized257 Dilihat

TUALANG || Lomba mancing udang galah yang ditaja komunitas UFC, angler se Kabupaten Siak bersama Pemerintahan Kampung Tualang, Minggu (25/02/2023) di Dusun Surya Kampung Tualang, Kecamatan Tualang, Perawang, Kabupaten Siak dihadiri Bupati Siak Alfedri, Kadis PU Tarukim Kabupaten Siak Irving Kahar, Kadishub Kabupaten Siak Junaidi, Camat Tualang dan peserta lomba mancing.

Dalam sambutannya, Bupati Siak Alfedri, menyampaikan bahwa kegiatan lomba mancing udang galah ini merupakan upaya untuk pelestarian sungai Siak. Ini pun sejalan dengan upaya pemerintah Kabupaten Siak yakni siak hijau yang telah diluncurkan Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

“Siak hijau ini regulasinya sudah di Perda kan, gerakan siak hijau, sungai bersih seperti ini tentu perlu dukungan dari semua pihak, tidak hanya pemerintah kabupaten, masyarkaat dan komunitas pun ikut berperan aktif,” katanya.

Diceritakan bupati siak, bahwa pada zaman dahulu, saat dirinya pernah menjabat sebagai camat tualang, masyarakat di tualang banyak melakukan menubo atau meracuni udang, dan tentunya ini berdampak bagi habibat udang di sungai siak yang semakin berkurang jumlahnya.

“Tentunya, dengan kesadaran dan komitmen bersama, aktifitas menubo/ mendecis tidak ada lagi, sungai siak dapat dilestarikan, udang galah semakin bertambah jumlahnya. Saya juga berterimakasih dengan adanya konsep seperti ini, komunitas mancing angler kabupaten siak ikut mengontrol dalam melestarikan dan menyelamatkan sungai siak,” ungkapnya.

Saat ini kesadaran masyarakat untuk menjaga sungai siak cukup tinggi, dan pemerintahan kampung juga telah memberikan dana bantuan berupa jaring ikan dalam pemberdayaan nelayan, hal ini disampaikan Juprianto, penghulu kampung tualang.

“Selain itu, sejak beberapa tahun lalu tempat ini telah menjadi spot mancing dan berdampak adanya peningkatan usaha masyarkat dan pemasukan ekonomi masyarakat bagi pemancing yang datang,” katanya.

Kegiatan lomba mancing udang galah ini perdana dan pertama dilaksanakan di Riau, khususnya di Kabupaten Siak, dan diikuti peserta dari komunitas mancing yang ada di Kabupaten Siak.

Sebagai bentuk dukungan dan komitmen bersama dalam mendukung program siak hijau siak lestari, komunitas mancing se Kabupaten Siak deklarasikan menjaga kelestarian sungai ditandai penandatanganan Bupati Siak Alfedri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *