Kunjungan Dadakan Joe Biden ke Ukraina Bukti Dukungan AS

Ragam461 Dilihat

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengunjungi wilayah Kyiv dalam sebuah kunjungan mendadak ke Ukraina. Lawatan yang tak diumumkan ke media ini terjadi beberapa hari jelang peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina.

Adapun perjalanan Biden ke Ukraina merupakan yang pertama, sejak Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan pasukannya untuk menginvasi negara tetangga pada 24 Februari 2022.

Biden mengatakan dirinya berada di Kyiv untuk bertemu Presiden Ukraina Volodomyr Zelensky. “Ini menegaskan kembali komitmen kami yang tak tergoyahkan dan tak kunjung padam terhadap demokrasi, kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina,” tutur Biden.

“Ketika Putin meluncurkan invasinya hampir setahun lalu, mungkin dia mengira Ukraina lemah dan Barat terbagi. Dia (Putin) pikir bisa bertahan lebih lama dari kita. Tapi dia salah besar,” sambung Biden dalam pernyataan yang dirilis Gedung Putih.

Pemerintah AS dikatakannya siap mengirimkan sejumlah peralatan militer penting ke Ukraina. Termasuk, amunisi artileri, sistem anti-lapis baja dan radar pengawasan udara.

Baca juga: Sekjen NATO Minta Percepat Pengiriman Bantuan ke Ukraina

“Akhir pekan ini, kami akan mengumumkan sanksi tambahan terhadap jajaran elite dan perusahaan yang mencoba menghindari atau mengisi ulang mesin perang Rusia,” pungkas Biden.

Sebelumnya, Uni Eropa menyerukan negara-negara Barat untuk menambah bantuan militer Ukraina. Adapun Zelensky juga berharap demikian, agar Ukraina memiliki kekuatan untuk melawan serangan Rusia yang semakin intens.***MIOL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *