KPU Sumut Gelar Diskusi Peningkatan Peran Media di Pemilu 2024

Medan184 Dilihat

MEDAN || Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut menggelar diskusi dan peningkatan peran media di pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, Selasa (05/12/2023) di Emerald Garden.

Diskusi dilaksanakan diikuti para wartawan dibuka salah satu komisioner KPU Sumut Robi Efendy dari divisi Litbang KPU Sumut.

Diskusi menghadirkan para narasumbernya seperti Anggota Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Sumut, M Syafi’i Sitorus, Anggota KPU Sumut, Sitori Mendrofa dan Wakil Ketua PWI bidang Pendidikan PWI Sumut, Sugiatmo tersebut, Robby Efendy juga menjelaskan kalau kegiatan ini merupakan bukti komitmen KPU Sumut yang selalu tetap menjalin kerjasama dengan media/pers sebagai mitra strategis.

“Selain bukti komitmen kegiatan diskusi ini juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih dan menyukseskan Pemilu 2024, “ungkap Robby Efendy yang menangani Divisi Litbang KPU Sumut tersebut.

Terkait Pilpres, dirinya juga menyampaikan kalau pendistribusian kertas suara sudah bergerak dari percetakan di Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumut ke Kabupaten Nias Selatan dan Nias Barat.

Selain itu mantan anggota KPU Kota Binjai ini juga mengaku dalam rentang seminggu ini KPU Sumut telah melakukan berbagai kegiatan dalam tahapan Pemilu seperti di antaranya melakukan Bimbingan teknis (Bimtek) kepada para PPK.

“Kita juga banyak menerima masukan dari para awak media terkait tahapan sosialisasi Pemilu 2024 seperti pembentukan media center. Semua masukan akan kita terima dan dibahas oleh para komisioner KPU Sumut lainnya. Semoga dengan adanya diskusi ini silahturahmi kita selalu tersambung dengan baik dan berkelanjutan, “tutup pria yang sempat menjadi wartawan ini.

Sementara itu Divisi Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Sumut, Sitori Mendrofa sebelum mengawal diskusi mengajak para peserta untuk terlebih dahulu mengecek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2024 mendatang dengan menggunakan aplikasi google.

“Apabila sudah terdaftar maka pemilih juga dapat mengetahui lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di mana dirinya bisa menyoblos, “imbuhnya seraya mengajak para awak media untuk selalu memberikan informasi -informasi kepada masyarakat agar Pemilu 2024 ini bisa berjalan dengan sukses.

Sedangkan Wakil Ketua PWI Sumut bidang Pendidikan, Sugiatmo yang juga hadir sebagai narasumber menyampaikan peran pers di Pemilu. Semisalnya kata dia, terkait adanya masyarakat yang belum tercatat sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan di sinilah peran media muncul untuk memberikan informasi -informasi kepada masyarakat.

Maka dari itu KPU harus terbuka dengan awak media dalam memberikan informasi/kegiatan kepada wartawan. “Selain itu wartawan juga memiliki fungsi independen dan kontrol sosial. Memang dalam melakukan kontrol sosial ini banyak oknum-oknum yang menjadi kesal, “ tutupnya.***WASGO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *