Kenapa PSSI Tunda Liga 1 Demi Piala Asia U-23?

Olahraga720 Dilihat

JAKARTA || Liga 1 2023/2024 ditunda sementara terkait Piala Asia U-23 2024. Ini dia alasan PSSI melakukannya.

Keputusan menunda Liga 1 diputuskan Komite Eksekutif (Exco) PSSI dalam surat PSSI yang bernomor 1367/UDN/815/III-2024 perihal surat penundaan kompetisi BRI Liga 1 tahun 2023/24 yang tertanggal 30 Maret 2024.

Dalam jadwal, Liga 1 pekan ke-31 akan digelar mulai 1 April dengan Persebaya Surabaya Vs Dewa United akan menjadi pembukanya. Kemudian ditutup dengan tiga laga antara Borneo FC Samarinda Vs Madura United, Persija Jakarta Vs Persis Solo, dan Persikabo 1973 Vs Bali United, pada 4 April.

Dalam keputusan Exco PSSI, kompetisi akan ditunda sampai berakhirnya gelaran Piala Asia U-23. Timnas Indonesia U-23 akan menggelar Pemusatan Latihan di Dubai, Uni Emirat Arab, mulai 1 April, sementara laga laga pertamanya adalah melawan tuan rumah Qatar pada 15 April.

“Ya benar tadi ada rapat di Exco, kan tanggal 1 (April) itu (Timnas U-23) sudah pada berangkat (ke Dubai),” kata Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga di forum wartawan.

“Jadi kami untuk satu sisi mengamankan juga, supaya klub-klub yang pemainnya (yang dipanggil) tidak merasa dirugikan. Dan timnas kami bisa lengkap, maka kami mengambil keputusan untuk menunda sementara liga kita,” lanjutnya.

Sebelum ada keputusan ini, beberapa klub keberatan melepas beberapa pemain andalan ke Timnas U-23. Sebab TC Timnas U-23 serta gelaran Piala Asia U-23 bentrok dengan jadwal Liga 1.

Pelatih Persija Thomas Doll yang meminta Shin Tae-yong untuk berbicara empat mata. Sebab ada lima pemainnya yang dipanggil di tengah kondisi tim tengah dilanda badai cedera.

Di satu sisi, klub punya hak untuk tidak melepas pemainnya karena Piala Asia U-23 bukan agenda FIFA. Di sisi lain, Timnas U-23 membutuhkan pemain-pemain andalan dari klub lokal.

“Ini adalah langkah yang diambil untuk menyelamatkan dua-duanya (klub dan Timnas U-23) begitu. Supaya klub jangan terganggu karena ada pemain yang diambil untuk timnas,” tutur Arya.

“Sehingga mereka (klub) pada saatnya nanti tetap bisa full. Sisi lain timnas bisa aman, ini langkah terbaik untuk semua,” ucapnya.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *