Januari 2023, IHK Turun Dibanding Inflasi Bulan Sebelumnya

Medan508 Dilihat

MEDAN || Bank Indonesia (BI) menyebutkan, Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Januari 2023 menurun dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya.

“Inflasi IHK pada Januari 2023 tercatat sebesar 0,34% (mtm), lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya sebesar 0,66% (mtm),” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Doddy Zulverdi saat menggelar Bincang Bareng Media (BBM), di lantai III Bank Indonesia secara offline dan online, Selasa (28/2/2023).

Menurutnya, Realisasi inflasi (mtm) tersebut terutama didorong penurunan inflasi kelompok volatile food (VF) dan administered prices (AP). Dengan perkembangan tersebut, lanjut Doddy Zulverdi, inflasi IHK secara tahunan tercatat 5,28% (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya yang mencapai 5,51% (yoy).

Selanjutnya, sambung Doddy Zulverdi, perkembangan positif inflasi IHK ini tidak terlepas dari pengaruh koordinasi kebijakan pengendalian inflasi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan mitra strategis lainnya melalui Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID) serta Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di berbagai daerah.

“Ke depan, Bank Indonesia meyakini inflasi inti tetap berada dalam kisaran 3,0±1% pada semester I 2023 dan inflasi IHK kembali ke dalam sasaran 3,0±1% pada semester II 2023. Bank Indonesia akan terus memperkuat respons kebijakan moneter, serta terus berkoordinasi dengan Pemerintah guna memastikan penurunan dan terkendalinya inflasi tersebut,” ujarnya.***WASGO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *