Ini Komentar Jokowi Terkait Penolakan Ganjar dan Koster

Olahraga315 Dilihat

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) buka suara terhadap polemik pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang ditengarai adanya penolakan kedatangan Tim Nasional (Timnas) Israel ke Indonesia oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster. Jokowi menyinggung Indonesia sebagai negara demokrasi dalam menyikapi penolakan kedua kepala daerah tersebut.

“Ini negara demokrasi. Yang paling penting jangan dicampur adukkan. Sudah saya sampaikan kan. Jangan dicampur adukkan,” ujar Jokowi kepada awak media seusai meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3).

Jokowi menekankan politik dan olahraga memiliki adalah kedua wilayah yang berbeda. Kebijakan-kebijakan politik tidak bisa dicampur dengan kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan olahraga.

“Ada wilayah politik, ada wilayah olahraga,” ujarnya.

Jokowi mengaku akan segera bertemu dengan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir untuk membahas kelanjutan polemik pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA.

Sebelumnya, Erick ditugaskan untuk melobi FIFA terkait status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Setelah pembatalan tersebut, presiden berharap Indonesia tidak terkena sanksi dari FIFA.

“Itu nanti setelah ketemu Pak Erick seperti apa,” ucap Jokowi.

Sebelumnya FIFA telah mencoret Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Penolakan kedatangan Timnas Israel ke Indonesia dinilai jadi penyebab, meski FIFA tidak menyinggung soal Israel dalam keterangannya.

“Saya tahu keputusan ini membuat banyak masyarakat kecewa, saya pun sama, juga merasakan hal itu, kecewa dan sedih,” kata Jokowi dalam keterangan resmi, Kamis, 30 Maret 2023.

Akan tetapi, Jokowi menghimbau masyarakat agar jangan menghabiskan energi untuk saling menyalahkan satu sama lain. Sebagai bangsa yan besar, kata Jokowi, masyarakat Indonesia harus melihat ke depan dan jangan melihat ke belakang.***MIOL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *