Hasyim SE Sahuti Aspirasi Bersama OPD Pemko Medan Langsung Beri Solusi

Politik668 Dilihat

MEDAN || KETUA Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Hasyim SE (Foto) mendatangi warga untuk menyahuti aspirasi secara langsung. Aspirasi yang dilontarkan warga tersebut pada umumnya menyangkut lampu penerangan jalan umum (LPJU) dan insfrastruktur.

Usai menampung aspirasi dari warga, Hasyim lalu memberi solusi dengan menghadirkan pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan agar masalah direspon untuk segera diperbaiki terkait pelayanan publik.

Keluhan soal Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) misalnya, seperti yang disampaikan Diva Pranata selaku Kepling 4 Kelurahan Sei Rengas I, menyebut pengaduan kerusakan LPJU tidak direspon lewat Call Centre yang disediakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan.

“Sudah 2 minggu laporan kita sampaikan namun LPJU tidak kunjung diperbaiki,” keluh Diva Pranata saat mengikuti reses masa sidang ke I Tahun ke 4 Tahun 2023 Dapil I, Ketua DPRD Medan Hasyim SE di Jl Asia halaman sekolah WR Supratman 1, Kelurahan Sei Rengas I, Kecamatan Medan Kota, Jumat sore (10/2/2023).

Disampaikan Diva, ada beberapa LPJU yang rusak sudah dilaporkan namun tidak mendapat respon. Seperti LPJU di Jl Sun Yat Sen Sp Jl Yoserizal depan Pos Siskamling dan depan Hotel City Inn. “Lampu jalan sangat penting meminimalisir tindak kejahatan,” ujar Diva.

Menyikapi keluhan itu, Hasyim dengan tegas minta Dishub Kota Medan untuk segara merespon pengaduan warga. “LPJU yang rusak harus segera diperbaiki. Penanganan LPJU yang beralih ke Dishub kita harapkan pelayanan lebih baik dan bukan sebaliknya,” kata Hasyim.

Lagi pula tambah Hasyim, terkait LPJU rusak harus cepat ditangani. Sebab, bila lingkungan gelap sangat berdampak terhadap meningkatnya kasus kriminalitas dan kejahatan lainnya.

Pada kesempatan itu, mewakili Dishub Kota Medan selaku Kasi Parkir Harry Sugraha menyebutkan, lambatnya proses tindak lanjut perbaikan LPJU yang disampaikan warga melalui Call Center diakibatkan banyak pengaduan.

“Semua kita proses, memang kita masih kendala keterbatasan tenaga personil yang harus melayani 21 Kecamatan. Mohon sabar, untuk pengaduan tadi kita pastikan 24 jam akan kita perbaiki,” tukas Agha panggilan akrab Harry Sugraha itu.

Keluhan lain juga disampaikan Redwan warga Jl Sunyatsen terkait kenaikan PBB. Menurut Redwan, kenaikan PBB hingga 160 persen sangat memberatkan. “Tahun sebelumnya PBB saya Rp 800.000/tahun. Tetapi pada Tahun 2022 naik menjadi Rp 2.150.000. Tolong lah pak jangan sampai kenaikan sebesar itu,” pints Redwan.

Menjawab keluhan Redwan, Hasyim mengaku benar ada kenaikan PBB dikarena ada penyesuaian dari pihak KPK. Namun kata Hasyim, bagi warga yang benar benar terbebani bisa bermohon pengurangan langsung ke Badan Pendapatan Daerah Kota Medan. “Yang merasa terbebani boleh minta pengurangan. Untuk tahun 2023 ini kita minta jangan ada lagi kenaikan PBB,” sebut Hasyim.

Dikatakan Hasyim, bagi warga yang mampu sisi ekonomi diharapkan jangan lupa kewajiban membayar segala jenis pajak. Sebab, perolehan Pajak merupakan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemko Medan yang peruntukannya percepatan peningkatan pembangunan di kota Medan.

“Kita harapkan tingginya kesadaran warga membayar pajak untuk biaya pembangunan yang akan dinikmati semua pihak,” papar Hasyim.

Diakhir reses, Hasyim menyebut bahwa aspirasi yang diterimanya akan ditindaklanjuti ke Pemko Medan. “Aspirasi warga akan menjadi E-Pokir DPRD agar dapat direalisasikan skala prioritas,” terang Hasyim.

Sementara itu Lurah Sei Rengas I Eva Lucia Simamora SE menyampaikan, pembangunan infrastruktur di Kelurahannya sudah mulai dinikmati masyarakat. Seperti pembangunan drainase dengan pemasangan Uditch di Jalan Thamrin sangat membantu mengantisi banjir. Dimana selama ini Jalan Thamrin banjir namun saat ini tidak lagi.

“Warga disana menyampaikan terima kasih kepada Walikota Medan dan DPRD yang terus melakukan perbaikan. Saat ini kondisi banjir di Kelurahan Sei Rengas sudah dapat diminimalisir,” ujar Eva.

Dalam acara reses hadir, Camat Medan Kota Raja Ian Andos Lubis.S STP MAP, Lurah Sei Rengas I Eva Lucia Simamora SE, Kasi Trantib Medan Kota Syafrizal, mewakili BPJS Kesehatan Muhammad Dzany, mewakili SDA BMBK Selsmat ST, mewakili Dishub Kasi Parkir Harry Sugraha, Forkot PKH Rinaldy Sitorus, mewakili Dinkes Edy Yusuf, tokoh masyarakat dan ratusan warga konstituen.***WASGO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *