Hari Ini, KPU Gelar Rekapitulasi Nasional Pemilu untuk Papua Tengah

Politik467 Dilihat

JAKARTA || Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal melakukan rekapitulasi nasional Pemilu 2024 untuk wilayah Papua Tengah hari ini. Komisioner KPU RI Idham Kholid mengatakan tim KPU Papua Tengah tiba di Jakarta sore ini.

“Papua Tengah belum sampai Jakarta, baru sore,” kata Idham kepada wartawan, Minggu (17/3/2024).

Idham mengatakan rekapitulasi Maluku yang dijadwalkan hari ini menunggu kesiapan tim KPU di sana. Dia mengatakan tim KPU Maluku belum tiba di Jakarta.

“Maluku belum sampai Jakarta,” ujarnya.

Adapun hingga saat ini KPU sudah melangsungkan rekapitulasi nasional untuk 32 Provinsi. Idham mengatakan untuk wilayah Jawa Barat hari juga akan melanjutkan rekapitulasi seperti biasa.

“Hari ini KPU Jabar melangsungkan rekap seperti biasa,” katanya.

Berdasarkan data per Sabtu (16/3), dari total 38 provinsi di Tanah Air, sudah 32 provinsi yang telah melaksanakan rekapitulasi tingkat nasional. Sementara itu, enam provinsi yang belum rekapitulasi nasional yaitu Jawa Barat, Maluku, Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Barat Daya.

“Untuk Sumatera Alhamdulillah 10 provinsi sudah semua. Kalimantan sudah semua. Sulawesi sudah semua. Terakhir tadi Sulawesi Tengah ya. Kemudian NTB, NTT sudah semua. Maluku sudah Maluku Utara, masih meninggalkan (Provinsi Maluku),” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dalam rapat rekapitulasi nasional di kantor KPU, Jakarta Pusat, Sabtu (16/3).

Sedangkan untuk di luar negeri, total 127 PPLN telah melakukan rekapitulasi nasional. Tersisa PPLN Kuala Lumpur, Malaysia, yang belum rekapitulasi.

Hal itu lantaran Kuala Lumpur harus menggelar pemungutan suara ulang (PSU) pada Minggu (10/3). Saat ini, Kuala Lumpur masih menunggu antrean untuk melaksanakan rekapitulasi nasional.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *