Bupati Nias Barat Membuka Musrenbang RKPD 2024

Nias529 Dilihat

NIAS BARAT || Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Barat Tahun 2024 di Hall Tokosa-Onolimbu, Sumatera Utara, Senin (20/3/2023).

Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Barat Tahun 2024 mengangkat tema “Pengentasan Kemiskinan Ekstrim dan Suksesnya Pemilu/Pemilukada melalui Pengoptimalan Program Peningkatan Kapasitas Ekonomi Masyarakat, Sinergitas dan Percepatan Pembangunan yang Bersih, Unggul dan Maju”.

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Nias Barat Eta Fajar Wiriatmo Daely, SP., M.M., dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan Musrenbang dimaksudkan untuk membahas rancangan RKPD Kabupaten Nias Barat Tahun 2024 dengan tujuan menyepakati permasalahan dan isu strategis pembangunan daerah Tahun 2024, menyepakati prioritas pembangunan dan program kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta memperoleh masukan dalam rangka penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran prioritas pembangunan Provinsi Sumatera Utara dan Nasional.

Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat Drs. Evolut Zebua melalui sambutannya berharap agar pemerintah Pusat dan Provinsi Sumatera Utara berkolaborasi dalam mendukung pelaksanaan pembangunan, terutama pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Nias Barat.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Sumatera Utara, Jurnadi Harahap, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas pencapaian indikator makro pembangunan di Kabupaten Nias Barat, yang mana sebagian besar telah tercapai sesuai dengan target yang direncanakan.

“Kalau kita lihat data BPS, terjadi capaian-capaian pembangunan di Kabupaten Nias Barat. Laju pertumbuhan ekonomi tumbuh, IPM meningkat, kemiskinan ada perbaikan, tingkat pengangguran terbuka menurun dan gini rasio mempersempit jurang kesenjangannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan agar dalam menyusun RKPD, perlu diperhatikan beberapa hal. Diantaranya, seluruh pemangku kepentingan harus meperhatikan target-target yang sudah ada dalam RPJMD, memperhatikan hasil evaluasi RKPD tahun lalu dan mempertimbangkan program strategis tingkat nasional dan provinsi.

Bupati Nias Barat dalam arahannya menyampaikan bahwa pelaksanaan musrenbang ini merupakan rangkaian tahapan perencanaan dari sistem perencanaan pembangunan daerah sesuai dengan amanat Undang-Undang.

Bupati mengatakan Musrenbang tingkat Kabupaten yang dilaksanakan hari ini memiliki makna yang sangat strategis, kerena merupakan tahun ke-3 dari RPJMD Nias Barat 2021-2026. Oleh karenanya diharapkan peran aktif dan kontribusi pemikiran yang konstruktif dari stakehokders sebagai upaya bersama dalam mewujudkan percepatan pembangunan yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat Nias Barat.

Bupati mengatakan bahwa untuk mencapai tema pembangunan pada tahun 2024, telah ditetapkan 5 (lima) prioritas yang menjadi fokus pembangunan, yaitu:

1. Peningkatan kualitas pelayanan publik dan kapasitas penyelenggaraan pemerintah daerah

2. Peningkatan penerapan inovasi daerah

3. Peningkatan kualitas infrastruktur dasar yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan

4. Peningkatan sumber daya manusia; dan

5. Peningkatan ekonomi.

Pada kesempatan itu, Bupati Khenoki Waruwu juga memaparkan beberapa prestasi dan penghargaan yang telah diraih pemerintah Kabupaten Nias Barat sepanjang tahun 2022. Menurutnya, prestasi dan penghargaan tersebut merupakan hasil kerjasama dan dukungan seluruh pimpinan OPD dan ASN dan merupakan pengakuan dan apresiasi atas kinerja penyelenggaraan pemerintah Kabupaten Nias Barat oleh pemerintah Provinsi, Kementerian dan Lembaga.

Setelah acara pembukaan, Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Barat Tahun 2024, dilanjutkan dengan acara pemaparan dari narasumber yaitu Direktur PRP PPDT, Bappelitbang Provsu dan BPS Kabupaten Nias, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Acara Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Barat Tahun 2024 ini dilaksanakan selana 2 (dua) hari yaitu Senin-Selasa (20-21 Maret 2023) di Hall Tokosa.

Hadir dalam Musrenbang tersebut mewakili Gubernur Sumatera Utara, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Sumatera Utara, Jurnadi Harahap, M.Si., Narasumber Rafdinal, S.Sos., M.TP (Direktur PRP PPDT), Dr. Ihsan Azhari, S.Sos., M.SP (Kabid Infrastruktur Bappelitbang Provsu), Tomry Aritonang, SE., M.Si (Kepala BPS Kabupaten Nias), Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nias Barat, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, para Asisten, Pimpinan OPD, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Camat dan Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Ormas, LSM, Insan Pers, Organisasi Profesi dan Asosiasi.***RESTU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *