Bupati Nias Barat Hadiri Musrenbang RKPD Tahun 2024 di Kecamatan Mandrehe

Nias406 Dilihat

 

NIAS BARAT || Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu menghadiri pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Barat Tahun 2024 di Kecamatan Mandrehe. yang dilaksanakan di Aula Paroki Salib Suci Nias Barat, Senin (13/2/2023).

Sementara itu, di hari dan waktu yang sama, Wakil Bupati Nias Barat Dr Era Era Hia MM MSi juga menghadiri pelaksanaan Musrenbang RKPD di Kecamatan Lahomi yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Lahomi.

Dalam laporannya Camat Mandrehe, Farianus Gulo menyampaikan bahwa, pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Mandrehe telah didahului dengan pelaksanaan Musrenbang di tingkat Desa pada tanggal 25 Februari sampai 7 Maret 2023. Melalui pelaksanaan Musrenbang di tingkat Desa tersebut, menghasilkan berbagai usulan program prioritas untuk dibahas dan disepakti lebih lanjut pada Musrenbang tingkat Kecamatan.

Selain usulan program dan kegiatan sebagai hasil pelaksanaan Musrenbang RKPD di Desa, Ia menyampaikan beberapa usulan pembangunan yang penting di Kecamatan Mandrehe seperti peningkatan kualitas jalan di Ibu Kota Kecamatan Mandrehe, pembangunan tribun lapangan bola kaki, bangunan pendukung di pasar tradisional Mandrehe dan juga pembangunan pagar Kantor Camat Mandrehe.

“Usulan tersebut merupakan hal penting untuk mendapat perhatian Pemerintah Daerah, tanpa mengesampingkan usulan yang lain”, ungkap Farianus Gulo.
Sementara itu, Ama Kurnia Gulo, mewakili Tokoh masyarakat Kecamatan Mandrehe, dalam sambutannya mengatakan bahwa, dari sekian banyak usulan pembangunan yang telah diusulkan, pembangunan infrastruktur merupakan hal prioritas yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah.

“Pembangunan infrastruktur terutama jalan, merupakan usulan prioritas di Kecamatan Mandrehe, karena pembangunan infrastruktur, akan menggerakan sektor yang lainnya, yakni di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan pembangunan sumber daya manusia”, ujarnya.

Juga, hal senada disampaikan oleh Anggota DPRD Nias Barat, Nitema Gulo supaya dalam Musrenbang ini jangan berdasarkan kemauan dan kepentingan sendiri atau beberapa pihak saja namun benar-benar berdasarkan kebutuhan bersama dan masyarakat umum.

Iapun mengharapkan kepada pemerintah Nias Barat yang saat ini dipimpin oleh Bupati Khenoki Waruwu, agar melanjutkan program yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami menilai pelaksanaan pembangunan selama masa kepemimpinan Bupati Nias Barat sudah on the right track. Lanjutkan program yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat Nias Barat”, ungkap Nitema Gulo.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu mengharapkan kiranya melalaui pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Mandrehe, bisa menghasilkan usulan program prioritas pembangunan yang selaras dengan arah kebijakan pemerintah Kabupaten Nias Barat.

“Saya mengharapkan melalui Musrenbang ini, rencana program atau prioritas desa yang telah diusulkan agar dapat dibahas untuk memperoleh kesepakatan yang selaras dengan arah kebijakan pemerintah daerah pada tahun 2024″, ucapnya.

Juga Bupati Nias Barat menyampaikan bahwa, semua usulan yang telah disampaikan akan dibahas dan disepakati lebih lanjut bersama perangkat daerah pada pelaksanaan Forum SKPD maupun Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten.

Pada kesempatan itu, Bupati Nias Barat menguraikan beberapa prestasi dan capaian yang telah diraih pemerintah Nias Barat sepanjang tahun 2022 dan berharap kiranya masyarakat, mendukung dan menerima program pemerintah serta mengajak masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu yang diragukan yang disebarkan oleh oknum atau kelompok tertentu, oknum-oknum tersebut sengaja membuat gaduh dan memperburuk citra pemerintah Nias Barat di mata masyarakat, Tegas Bupati.

Acara Musrenbang tersebut turut dihadiri oleh beberapa Anggota DPRD Kabupaten Nias Barat, Asisten Setda Kabupaten Nias Barat, pimpinan OPD, Camat Mandrehe, para Kepala Desa, BPD dan perwakilan Tokoh Masyarakat, Agama, Pemuda dan Perempuan se Kecamatan Mandrehe.***RESTU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *