Bukti Bruno Fernandes Lebih Oke Tanpa Cristiano Ronaldo

Olahraga681 Dilihat

MANCHESTER || Bruno Fernandes kembali bersinar di Manchester United belakangan ini. Memang, Fernandes lebih baik tanpa Cristiano Ronaldo.

Fernandes sejatinya jadi mesin gol untuk MU sejak kedatangannya dari Sporting CP pada Januari 2020. Dia membuat 40 gol selama 1,5 tahun pertamanya dan didapuk sebagai kapten tim.

Tapi, kehadiran Ronaldo di musim 2021/2022 membuat segalanya berjalan sulit untuk Fernandes. Fernandes cuma bikin 10 gol musim lalu dari 46 pertandingan.

Tugasnya sebagai eksekutor penalti diambil Ronaldo, dan tak jarang juga sebagai penendang bebas. Fernandes pun tak lagi bebas seperti di awal kedatangannya karena harus memberikan bola kepada Ronaldo.

Kondisi itu bertahan setidaknya sampai November 2022 sebelum akhirnya Ronaldo cabut. Fernandes lantas merasakan efek dari kepergian Ronaldo itu, meski belum seperti sedia kala.

Fernandes sudah bikin tujuh gol dan 10 assist dari 38 laga musim ini, sebagian besar dibuat setelah jeda Piala Dunia 2022.

Di Liga Inggris, Fernandes membuat tiga gol dan lima assist dari 10 laga terakhirnya. Di ajang Piala FA dan Liga Europa, ada total dua assist dibuatnya.

Anda masih kurang yakin? TalkSport membeberkan statistik Fernandes sejak Ronaldo gabung pada 2021. Mereka total bermain bareng 53 laga atau sekitar 4.495 menit.

Fernandes dalam periode itu bikin tujuh gol dan 14 assist, rataan gol/assist per 214 menit! Rasio kemenangannya pun “cuma” sampai 50,9 persen.

Ketika Ronaldo absen, Fernandes memang cuma bikin tujuh gol dan delapan assist, tapi itu diraih hanya dalam tempo 2.420 menit. Rasio gol/assist meningkat drastis per 161 menit.

Bahkan rasio kemenangannya meningkat jadi 60,7 persen di seluruh kompetisi. Fernandes pun lebih jadi pelayan Ronaldo karena membuat tiga peluang per 90 menit dibanding 2,7 peluang tanpa kompatriotnya.

Tapi, Fernandes lebih banyak melepaskan tembakan saat Ronaldo tidak ada, 2,6 per laga berbanding 2,4 ketika ada Ronaldo. Dengan Ronaldo sudah pergi, berapa kira-kira total gol dan assist Bruno Fernandes musim ini?***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *