Putin Tuding Polandia Punya Ambisi di Belarusia

Ragam2194 Dilihat

RUSIA, informasiterpercaya.com || Presiden Rusia Vladimir Putin menuding Polandia yang merupakan anggota NATO memiliki ambisi teritorial di bekas Uni Soviet, Belarusia. Putin memperingatkan bahwa setiap agresi terhadap tetangga Rusia dan sekutu dekat Belarusia akan dianggap sebagai serangan terhadap Rusia.

Dilansir Reuters, Sabtu (22/7/2023) Moskow bakal bereaksi terhadap setiap agresi terhadap Belarusia. Putin akan melakukan apa pun demi mempertahankan Belarusia.

Komite Keamanan Warsawa memutuskan pada hari Rabu (19/7/2023) untuk memindahkan unit militer ke Polandia timur setelah anggota pasukan tentara bayaran Wagner Rusia tiba di Belarusia.

Polandia menyangkal ambisi teritorial apa pun di Belarusia. Dalam sambutannya, Putin juga menyatakan bahwa bagian barat Polandia adalah hadiah dari pemimpin Soviet Joseph Stalin untuk negara tersebut. Rusia akan mengingatkan orang Polandia tentang hal itu.

Sementara itu, Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki menulis cuitan pada Jumat (21/7) malam bahwa ‘Stalin adalah penjahat perang, bersalah atas kematian ratusan ribu orang Polandia. Kebenaran sejarah tidak bisa diperdebatkan.’

“Duta Besar Federasi Rusia akan dipanggil ke Kementerian Luar Negeri”, katanya.

Pada hari Kamis, Belarus mengatakan tentara bayaran Wagner telah mulai melatih pasukan khusus Belarusia di jarak militer hanya beberapa mil dari perbatasan Polandia.

NATO Pasang Badan
Terkait ini, Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius mengatakan pada hari Jumat (21/7) bahwa Jerman dan NATO siap untuk mendukung Polandia dalam mempertahankan sayap timur aliansi militer tersebut.

Putin mengatakan ada laporan pers tentang rencana unit Polandia-Lituania yang akan digunakan untuk operasi di Ukraina barat – yang sebagian di masa lalu adalah milik Polandia – dan akhirnya menduduki wilayah di sana.

“Sudah diketahui umum bahwa mereka juga memimpikan tanah Belarusia,” katanya.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *