Zulhas Buka-bukaan Kunci Biar UMKM Naik Kelas, Bagaimana Caranya?

Ragam1152 Dilihat

JAKARTA || Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) (Foto) meresmikan gelaran kolaborasi UMKM Legendaris Indonesia bertajuk Legendary Brand Festival 2023 di City Hall, Pondok Indah Mall (PIM) 3, Jakarta Selatan. Acara yang berlangsung dua hari ini diharapkan bisa meningkatkan keunggulan kompetitif produk UMKM.

“Kunci peningkatan daya saing UMKM adalah kolaborasi. Kemendag berkomitmen meningkatkan daya saing UMKM melalui empat pilar yaitu pengembangan UMKM, sinergi UMKM dengan marketplace, akses pembiayaan bersama LPEI, dan akses pasokan produk UMKM ke ritel modern,” kata Zulhas dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/2/2023).

Zulhas menyambut baik kerja sama Shipper dengan e•ko•lab Kemenko Perekonomian, dan Localfest guna memfasilitasi kolaborasi pada lebih dari 100 pelaku usaha legendaris Indonesia. Disebutkan ada 10.000 pelaku UMKM di dalamnya.

“Inisiatif Shipper dengan Legendary Brand Festival 2023 sejalan dengan misi Kementerian Perdagangan yang membangun ekosistem untuk mempertemukan para pelaku UMKM dengan retail modern hingga perusahaan grosir besar melalui ekosistem e•ko•lab,” lanjut Zulhas.

Co-Founder & COO Shipper Budi Handoko mengatakan, gelaran ini benar-benar menjadi wadah yang tepat untuk para pelaku UMKM demi meningkatkan keunggulan produknya.

“Kami ingin meningkatkan keunggulan kompetitif produk UMKM sehingga mereka dapat bertahan dan bahkan bertumbuh sehingga dapat membangun bisnis yang lebih berkelanjutan untuk meningkatkan perekonomian nasional,” kata Mendag Zulhas.

Lebih jauh, ia juga mencermati berbagai tantangan perekonomian yang akan dihadapi para pelaku usaha tahun ini. Mau tidak mau mereka harus memperhatikan perubahan tren konsumen, digitalisasi, inovasi produk dan layanan untuk tetap bersaing dan berkembang.

Adapun Legendary Brand Festival 2023 diselenggarakan secara hybrid dengan rangkaian acara forum bisnis, konferensi, dan pameran. Beberapa merek legendaris yang turut meramaikan acara ini adalah Buccheri, Khong Guan, Wardah, Mustika Ratu, Olympic Furniture, Somethinc, dan merek terkenal lainnya di sektor fesyen, kecantikan, dan makanan dan minuman.

Kolaborasi antarmerek besar dengan merek lokal ini juga didukung oleh Localfest, festival urban kreatif yang menampilkan potensi-potensi lokal di bidang fashion, kuliner, musik, dan seni yang diselenggarakan tiap tahun oleh Urban Sneaker Society (USS) Networks.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *