Wong Chun Sen Kunjungi 4 Balita Stunting di Medan Perjuangan dan Medan Tembung

Politik931 Dilihat

 

MEDAN || Wong Chun Sen Tarigan memberikan bantuan susu dan vitamin kepada empat (4) balita yang diketahui menderita Stunting. Bersamaan dengan Hari Pers Nasional (HPN) yang berlangsung dari tanggal 7 s/d 12 Februari 2023 di kota Medan, Sumatera Utara, Wong pun turut berpartisipasi bersama beberapa awak media dengan melaksanakan kegiatan bantuan sosial, Jumat (10/2).

Wong mengawali dengan mengunjungi rumah tinggal keluarga Alfiah, di Jalan Pertiwi Gang Bersama, Wong Chun Sen bersama tim media yang biasa melakukan liputan di gedung DPRD Medan, menemui nenek yang selama ini merawat Alfiah (3) yang merupakan bayi penderita Stunting.

Wong menyebutkan, stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar. “Jadi, banyak penyebab terjadinya stunting, bukan hanya dari faktor ekonomi saja, kurangnya asupan vitamin dan tidak menjaga kebersihan juga mempengaruhinya,” sebutnya.

Setelah memberikan susu beserta vitamin dan sembako, wong pun melanjutkan ke kediaman Tuk Maida Br.Dalimunthe (3) yang berdomisili di Gang Sembada Kelurahan Bantan Kecamatan Medan Tembung. Menurut Wong Chun Sen, kondisi Tuk Maida sudah dalam kondisi sehat. Hal ini terlihat ketika Wong Chun Sen bersama wartawan masuk kedalam rumah Tuk Maida dan langsung disambut gembira dengan berlari dan meraih bungkusan susu dan vitamin yang dipegang oleh anggota DPRD Kota Medan dua periode ini.

Rasa haru terlihat dari raut wajah Wong Chun Sen seakan tak menyangka ketika sebelum diberi bantuan asupan vitamin dan susu kondisi Tuk Maida sangat layu dan hanya dapat terbaring di tempat tidur.

” Kalau saya lihat kondisi Tuk Maida saat ini sudah jauh lebih baik, dia sudah bisa berlalu dan berani dengan anak anak seusianya. Semoga setiap hari perkembangan Tuk Maida semakin baik dan tetap sehat agar dapat tumbuh dan berkembang normal,”terang Sekretaris Komisi 2 DPRD Kota Medan ini.

Usai memberikan bantuan, Wong bersama tim Media kembali melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Medan Perjuangan. Di Kecamatan ini, diketahui ada dua (2) orang anak penderita Stunting, Adriel Delano Siagian balita stunting berusia hampir 4 tahun yang tinggal di Jalan Pertemuan No. 9, Lingkungan 9, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan.

Di rumah kos-kosan yang disewa keluarga Adriel, Wong disambut kedua orangtua balita penderita Stunting ini. Wong pun langsung menyerahkan susu, vitamin dan sembako yang diterima oleh kedua orangtua Adriel.

Ditempat itu, Wong tidak lama, karena akan melanjutkan mengunjungi seorang bayi penderita Stunting yang baru dia terima laporan dari warga.

Selanjutnya, Wong pun bergegas ke Jalan Rakyat Gg.Balam Kelurahan Tegal Rejo Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan. Wong didampingi Kepling 14, Rahmayanti menemui Lusianti Marpaung (42), orangtua dari Rafi Era Defan Situmeang (3) penderita Stunting.

Kepling 14, Rahmayanti kepada wartawan mengaku bahwa kondisi dari Rafi Era Defan Situmeang, diketahui menderita Stunting saat berusia 1,5 tahun. Namun saat lahir bobot badan 2,8 kg.

“Upaya yang sudah dilakukan oleh Puskesmas antara lain memberikan susu Dancow setiap bulan selama satu tahun, PKK, Camat berupa beras, roti dan telor termasuk uang tali asih. Sementara PLKB memberikan sembako dan daging,”kata Kepling 14 itu.

Lusianti Marpaung kepada awak media menjelaskan jika anaknya tersebut sudah menderita Stunting sejak 1 tahun yang lalu. Dia juga sudah membawa anaknya itu ke dokter anak Noval. Diketahui dari informasi dokter anak bahwa anak nya kekurangan hormon dan akibatnya, pertumbuhan Rafi Era Defan Situmeang sangat lambat. Selain itu, leher dan kepala Rafi juga sulit diangkat.

“Tolong lah pak Wong, agar anak saya dapat sembuh dan kembali normal seperti anak lainnya,”sebut Lusianti Marpaung.

Selanjutnya, Ketua Gemabudhi Sumut ini memberikan sembako berupa beras, minyak goreng dan gula untuk sekedar membatu kebutuhan Lusianti Marpaung bersama dua orang anaknya yang mana salah satunya menderita Stunting.

“Saya tadi telah mengunjungi tiga bayi penderita Stunting yang mana saya sudah memberikan susu dan vitamin beserta sembako sudah tujuh kali. Dan saya lihat diantara yang tiga bayi penderita Stunting sudah ada yang sembuh. Karena saya baru menerima laporan terkait kondisi Rafi Era Defan Situmeang yang diketahui juga menderita Stunting,”ujar Wong.

Ketua Taruna Merah Putih Kota Medan ini pun berjanji akan memberikan susu dan vitamin serta sembako kepada Rafi Era Defan Situmeang.

“Nanti kita akan bantu susu dan vitamin untuk kesembuhan Rafi Era Defan Situmeang,”pungkas Politisi dari partai PDI Perjuangan Kota Medan ini.

Selanjutnya, Wong pun bergerak pamit untuk melanjutkan tugasnya.***WASGO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *