Upaya Pemkab Asahan Mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera, Religius dan Berkarakter

Asahan1291 Dilihat

MUNGKIN ingatakan kita tidak lupa dengan semboyan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan yakni “RAMBATE RATA RAYA” yang artinya Kerja Keras Bersama Untuk Menuju Masyarakat Adil dan Makmur.

Berangkat dari semboyan itulah, upaya Bupati Asahan H. Surya, BSc ingin mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan agar masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

Jika dijabarkan masyarakat SEJAHTERA yaitu suatu kondisi harapan yang akan diwujudkan untuk masyarakat Asahan dengan semakin meningkatnya kualitas kehidupan masyarakat yang layak dan bermartabat, ditandai dengan terpenuhinya kebutuhan pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan yang berkualitas, rasa aman, dan peningkatan pendapatan yang didukung oleh infrastruktur sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Sedangkan RELIGIUS adalah merupakan semangat kebersamaan yang dibangun melengkapi proses pembangunan di Kabupaten Asahan dengan terbentuknya jati diri masyarakat yang beriman dan bertaqwa, ditandai dengan kesadaran untuk memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan baik dan benar.

Kemudian BERKARAKTER adalah masyarakat Asahan diarahkan memiliki perilaku yang bertanggungjawab, bergotong-royong, hidup dalam kebersamaan dan kerukunan, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya.

“Untuk itulah Azas Kebersamaan adalah upaya yang dilakukan selama ini oleh Pemerintah Kabupaten Asahan dengan masyarakat agar tetap selaras dan bersinergi,” kata orang nomor satu di Pemkab Asahan ini.

Pemerintah Kabupaten Asahan agar bersama-sama menjaga kondusifitas di wilayah masing-masing dan tidak terpancing isu yang menyesatkan. Kemudian meningkatkan semangat gotong royong untuk memupuk jiwa kebersamaan.

Sejak terpilihnya Surya BSc untuk kedua kalinya menjadi Bupati Asahan, langkah-langkah yang diambil demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Asahan terus dilakukan sebagaimana janji politiknya ketika kampanye.

Buktinya perbaikan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan perekonomian perlahan-lahan mulai terlihat perubahannya semakin maju tidak seperti dahulu. Artinya, geliat Kabupaten Asahan menuju kemajuan terlihat.

Kita juga teringat ungkapan H. Surya, BSc setelah terpilih menjadi Bupati Asahan. Dia menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada seluruh masyarakat Kabupaten Asahan yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan memimpin kembali di Kabupaten Asahan.

Lebih lanjut H. Surya mengatakan untuk mewujudkan Asahan yang sejahtera merupakan suatu harapan yang akan terus digelorakan di era kepemimpinannya kelak pasangannya akan mewujudkan masyarakat Asahan Sejahtera yang religius dan Berkarakter.

Dalam rangka mewujudkan Visi Tersebut Bupati juga menjelaskan akan melaksanakan 12 Misi yaitu :

Pertama: Menyelenggarakan misi pertama adalah menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang efektif, inovatif, profesional, dan akuntabel. Kedua: Misi kedua adalah meningkatkan kerjasama yang intensif dengan pelaku usaha dan kelompok masyarakat. Ketiga: Misi ketiga yaitu meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam membangun kemandirian ekonomi. Keempat: Misi keempat yaitu menciptakan iklim yang kondusif dan kemudahan investasi bagi pengembangan usaha dalam menciptakan lapangan kerja. Kelima: Misi kelima diarahkan untuk mewujudkan sistem pengelolaan APBD yang akuntabel, transparan dan berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Selanjutnya, Keenam: Misi keenam adalah meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam memelihara kesehatan. Ketujuh: Misi ketujuh adalah menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan memanfaatkan kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui budaya literasi. Delapan: Misi kedelapan yaitu mendorong terciptanya keamanan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat. Sembilan: Misi kesembilan yaitu meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur yang berorientasi pada produktivitas.

Kemudian, Sepuluh.: Misi kesepuluh juga merupakan misi yang sangat penting, yaitu mewujudkan lingkungan hidup yang berkualitas, berkelanjutan dan bernilai ekonomis. Sebelas: Misi kesebelas terkait dengan Visi Religius yaitu meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai keagamaan dalam segala aspek kehidupan masyarakat. Duabelas: Misi yang terakhir, misi keduabelas, terkait dengan visi berkarakter yaitu mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya sebagai sumber inspirasi untuk meningkatkan kebersamaan, kerukunan, tolong menolong, dan gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat.

Bupati juga menjelaskan dalam rangka memberhasilkan Visi Misi tersebut H.Surya dan Taufik Zainal telah menyusun 10 Program Prioritas yaitu :

– Digitalisasi Birokrasi
– SDM Tangguh
– Ekonomi Mandiri
– Asahan Sehat
– Asahan Cerdas
– Infrastruktur kuat
– Asahan Religius
– Lingkungan berbasis partisipatif
– Asahan go wisata
– Asahan perang Covid 19

“ Kami menyadari bahwa Keberhasilan Visi, Misi dan Program yang telah disampaikan sangat tergantung dengan Kondisi ekonomi Negara dan daerah serta dukungan dari semua pihak yaitu, DPRD yang terhormat, Forkopimda, Pengusaha, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan seluruh lapisan masyarakat dalam mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera yang religius dan berkarakter,” pungkas Bupati.***RAMADHAN SYAHPUTRA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *