Upaya Kudeta Picu Pertempuran di Sudan: 27 Orang Tewas, 170 Terluka

Ragam1546 Dilihat

KHARTUM || Pertempuran yang dipicu upaya kudeta terjadi di ibu kota Sudan, Khartoum. Sebanyak 27 orang tewas dan 170 lainnya luka-luka.

Dilansir AFP, Minggu (16/4/2023), pertempuran itu terjadi antara tentara Sudan dengan paramiliter Rapid Support Forces (RSF). Ledakan dan tembakan terjadi di jalan-jalan. Paramiliter sendiri mengklaim telah menguasai istana kepresidenan, bandara Khartoum, dan fasilitas vital lainnya.

Tentara membantah klaim tersebut. Angkatan udara Sudan mendesak orang-orang untuk tetap tinggal di dalam rumah karena mereka hendak melanjutkan serangan udara terhadap pangkalan RSF.

Jet tempur berterbangan di langit-langit Sudan. Jendela-jendela dan gedung-gedung apartemen berguncang karena pertempuran itu.

Serikat dokter mengatakan sedikitnya 27 orang tewas termasuk dua orang di bandara Khartoum dan sisanya di bagian lain Sudan. Sekitar 170 lainnya terluka dalam bentrokan itu.

Maskapai penerbangan Arab Saudi, Saudia ‘terkena kerusakan akibat tembakan’.

Warga setempat, Bakry (24) yang bekerja di bagian pemasaran, mengatakan penduduk Khartoum ‘belum pernah melihat yang seperti ini’. Asap hitam menyelimuti langit Sudan.

“Orang-orang ketakutan dan berlari pulang. Jalan-jalan kosong dengan sangat cepat,” kata Bakry.

Ledakan aksi kekerasan terjadi dalam minggu-minggu ini seiring dengan perselisihan antara pemimpin militer Abdel Fattah al-Burhan dan orang nomor dua, komandan RSF, Hamdan Daglo. Diketahui Daglo berencana mengintegrasikan tentara RSF ke dalam tentara reguler.

Pihak tentara Sudah mengklaim mereka telah melancarkan serangan udara dan “menghancurkan” dua pangkalan RSF di Khartoum.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan dia “sangat prihatin” dan mendesak kedua belah pihak untuk “segera menghentikan kekerasan”.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *