Ukraina Tuding Rusia Pakai Starlink, Elon Musk Tak Terima

Ragam1085 Dilihat

UKRAINA || Ukraina menuding Rusia menggunakan layanan internet Starlink dari SpaceX dalam perang mereka melawan Ukraina. Elon Musk selaku nakhoda SpaceX langsung melontarkan bantahan.

Intelijen militer Ukraina mengatakan Rusia menggunakan satelit Musk untuk memfasilitasi komunikasi di medan perang. Badan intelijen tersebut memposting audio percakapan antara dua tentara Rusia di wilayah Donetsk, mengklaim bahwa Rusia berbicara melalui Starlink.

Intelijen Ukraina tidak merinci berapa banyak terminal Starlink yang diyakini dimiliki Rusia atau bagaimana terminal tersebut bisa diperoleh. Namun, Juru Bicara Intelijen Militer Ukraina Andriy Yusov mengatakan bahwa penggunaan Starlink oleh Rusia sudah bersifat sistemik.

Seperti dikutip detikINET dari Insider, Elon Musk menyebut tudinhan itu tidak benar. “Beberapa laporan berita palsu mengklaim bahwa SpaceX menjual terminal Starlink ke Rusia. Ini tidak benar,” sebut Musk di X, sebelumnya Twitter.

“Sepengetahuan kami, tidak ada Starlink yang dijual baik langsung maupun tidak langsung ke Rusia,” tambah orang terkaya di dunia itu.

Dalam pernyataan berikutnya, dia mengklarifikasi bahwa Starlink tidak terkoneksi perangkat di Rusia. SpaceX juga melontarkan bantahan bahwa Starlink tidak aktif di Rusia.

“Jika SpaceX mengetahui bahwa terminal Starlink digunakan oleh pihak yang terkena sanksi atau tidak sah, kami menyelidiki klaim tersebut dan mengambil tindakan untuk menonaktifkan terminal jika dikonfirmasi,” tulis perusahaan itu di X.

Ukraina sendiri sudah menggunakan Starlink sejak awal perang untuk membantu koneksi internet. Nah, baik Musk maupun Space X tidak menjelaskan apakah teknologi tersebut dapat digunakan di wilayah Ukraina yang telah diduduki Rusia.

Pengguna yang membeli layanan Starlink diidentifikasi secara unik dan harus melalui proses otentikasi sebelum menggunakannya. Berdasarkan analisis Wall Street Journal, tentara Rusia bisa saja memperoleh peralatan Starlink dari Ukraina melalui pertempuran dan terhubung ke satelit dengan cara itu.

“Ada kemungkinan bahwa pasukan Rusia telah menyita peralatan Starlink dari tentara Ukraina, sehingga mereka dapat memanfaatkan jaringan Starlink,” tulis mereka.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *