Tim Safari Ramadhan Pemkab Asahan Kunjungi 204 Masjid/Musholla

Asahan830 Dilihat

KISARAN || Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melaksanakan Safari Ramadhan ke 204 Masjid/Musholla di 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan.

Pelaksanaan Safari ini dimulai selama empat hari sejak tanggal 28-31 Maret 2023 dan dimulai usai Sholat Isya dan Sholat Tarawih berjamaah di Masjid/Musholla yang telah ditentukan.

Di hari pertama pelaksanaan safari, tepatnya Selasa (28/03/2023), Pemkab Asahan mengunjungi 50 Masjid/Musholla di beberapa Kecamatan.

Untuk Bupati Asahan H Surya, BSc bersama tim di hari pertama mengunjungi Masjid Al-Muhsinin Dusun V Desa Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam.

Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S.Sos, MSi mengunjungi Musholla Al-Ikhlas Dusun VIII Desa Sei Beluru Kecamatan Meranti sedangkan Sekdakab Asahan Drs John Hardi Nasution, MSi mengunjungi Masjid Al-Hidayah Dusun I Desa Pulau Maria Kecamatan Teluk Dalam.

Bupati Asahan pada pidatonya mengatakan, setiap tahunnya pada Bulan Ramadhan, Pemkab Asahan secara rutin melakukan kunjungan Tim Safari Ramadhan ke setiap Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Asahan.

“Keberadaan rombongan Tim Safari Ramadhan Pemkab Asahan ditengah bapak/ibu sekalian merupakan upaya untuk memupuk jalinan silaturahmi, antara Pemerintah (umaro) dengan ulama dan umat (masyarakat)”, ujar Bupati.

Kegiatan ini juga merupakan langkah untuk membangun ukhuwah Islamiyah, sehingga diharapkan dapat terbangun hubungan yang harmonis antara umaro, ulama dan umat.

Oleh karena itu, Pemkab Asahan sangat berharap agar pada Bulan Ramadhan kali ini bisa menjadi ajang perbaikan bagi kita semua sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, dan pada Bulan Ramadhan ini pula menjadi jembatan silaturahmi untuk bertemu dan bertatap muka langsung dengan masyarakat untuk meningkatkan kedekatan antara pemerintah dengan masyarakat.

Ditempat berbeda, di Musholla Al-Ikhlas Desa Sei Beluru Kecamatan Meranti, Wakil Bupati Asahan yang diwakili Sekretaris Diskominfo Kabupaten Asahan Arbin Ariadi Tanjung mengatakan, kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan salah satu aplikasi dari Visi dan Misi Pemkab Asahan yaitu Mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

“Untuk itu azas kebersamaan merupakan upaya yang dilakukan antara Pemerintah dengan masyarakat agar tetap selaras dan bersinergi. Mari kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan, jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang dapat memecah belah persaudaraan dan silaturahim diantara kita”, ucapnya.

Di Masjid Al-Hidayah Desa Pulau Maria Kecamatan Teluk Dalam Sekdakab Asahan mengatakan, atas nama Pemkab Asahan, mengajak seluruh lapisan masyarakat, terlebih tahun ini dan tahun depan kita sudah masuk dalam pesta demokrasi (tahun politik).

“Untuk itu secara bersama-sama kita menjaga situasi dan kondisi di wilayah masing-masing sehingga tetap kondusif serta tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan”, harapnya.

Selanjutnya John mengajak untuk meningkatkan semangat gotong royong, sehingga bisa terpupuk rasa kebersamaan, senasib dan sepenanggungan, berat sama dipikul ringan sama dijinjing dan mari secara bersama-sama memelihara kerukunan hidup beragama dalam kehidupan bermasyarakat baik antar sesama maupun dengan pemeluk agama lain, dalam bingkai NKRI yang kokoh dan kuat untuk Asahan yang Sejahtera, Religius dan Berkarakter.

Dalam Safari Ramadhan ini para ustadz menyampaikan makna dari Ibadah Puasa pada Bulan Ramadhan serta mengajak seluruh jamaah untuk memperbanyak ibadah di Bulan yang penuh berkah ini.

Kegiatan ini dirangkai dengan pemberian souvenir dan uang tunai kepada BKM Masjid/Musholla yang dikunjungi Tim Safari Ramadhan Pemkab Asahan 1444 H/2023 M dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa.***RBB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *