Strategi PAN buat Kejar Target 65 Kursi DPR RI di Pemilu 2024

Politik785 Dilihat

JAKARTA || Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menyampaikan arahan dan target pemenangan PAN dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024 dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu 2024 di Semarang, Minggu (26/2/2023). Yandri menyebut PAN menargetkan 65 kursi DPR RI pada Pemilu 2024.

Dalam arahannya, Yandri menyampaikan Rakornas Pemenangan Pemilu 2024 ini merupakan kelanjutan dari Rakornas serupa yang digelar pada Februari 2022 di Jakarta. Rakornas Pemenangan Pemilu ini digelar PAN saat tahapan pemilu memulai persyaratan pencalegan.

“Kita telah mencanangkan untuk DPR RI sebanyak 65 kursi,” kata Yandri di hadapan para kader.

Menurut Yandri, target 65 kursi DPR tidak mengada-ada karena sudah dilakukan mapping (pemetaan) secara detil, antara lain mencermati jejak kursi yang pernah diperoleh PAN.

“Saat ini kursi PAN di DPR RI sebanyak 44 kursi. Tetapi banyak daerah pemilihan yang saat ini tidak ada wakil PAN, tetapi pada masa lalu ada wakil dari PAN, artinya ada jejak kursi yang diraih PAN,” tutur Yandri.

Wakil Ketua MPR RI itu menjabarkan di Provinsi Jawa Tengah selama empat edisi Pemilu sebelum 2019, PAN selalu meraih delapan kursi dari Jawa Tengah. Tetapi pada Pemilu 2019, PAN sama sekali tidak meraih kursi DPR RI atau 0 kursi dari Jawa Tengah.

“Delapan kursi hilang,” sebut Yandri.

Yandri menyatakan karena alasan itu workshop dan Rakornas Pemenangan Pemilu 2024 ini digelar di Semarang, Jawa Tengah.

“Kita ingin mengembalikan 8 kursi PAN di DPR RI dari Jawa Tengah. Kita ingin membangkitkan kembali semangat kader PAN di Jateng. Tujuannya agar target raihan kursi DPR bisa tercapai dan terisi,” ungkap Yandri.

Anggota DPR RI dari Dapil Banten II itu menuturkan untuk memenuhi target itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan turun gunung dengan pindah daerah pemilihan dari Dapil Lampung I ke Dapil Jateng I yang meliputi kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga dan Kendal untuk memastikan kursi PAN dari Jawa Tengah.

“Ketua Umum akan memimpin ‘pertarungan’ di Jawa Tengah Ada caleg mantan Kapolda, purnawirawan, artis, dan lainnya. Kita akan kembalikan 8 jumlah kursi PAN DPR RI,” beber Yandri.

Yandri menambahkan target 65 kursi DPR RI sudah di-mapping dan didistribusikan, tinggal mengatur penempatan caleg untuk provinsi, kabupaten, dan kota.

“Kita minta para caleg untuk melengkapi persyaratan karena DCS akan diumumkan pada 20 Agustus 2023. Kita akan memulai pemberkasan,” terang Yandri.

“Kita berharap PAN akan berjaya dengan mengantarkan 65 kursi di DPR RI,” imbuhnya.

Yandri juga menegaskan dalam Rakornas Pemenangan Pemilu ini kembali ditegaskan bahwa urusan calon presiden dan calon wakil presiden diserahkan secara penuh kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

“Kita akan mempertegas kembali dalam Rakornas ini mengingat dinamika, komunikasi, konsolidasi masih sangat dinamis menuju pendaftaran capres dan cawapres,” ujar Yandri.

Workshop dan Rakornas Pemenangan Pemilu PAN dibuka Presiden Joko Widodo. Hadir dalam Pembukaan Workshop dan Rakornas Pemenangan Pemilu 2024 Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, sejumlah artis PAN, pengurus DPW, dan sekitar 2.400 kader PAN.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *