Saudi Luncurkan Taksi Terbang Perdana untuk Jemaah di Haji 2024

Ragam1490 Dilihat

ARAB SAUDI || Arab Saudi akan melakukan uji coba transportasi barunya, taksi terbang dan drone. Kendaraan tersebut digunakan untuk mengangkut jemaah di Bandara King Abdul Aziz di Jeddah ke hotel Makkah.

“Saat ini terdapat banyak persaingan di antara berbagai perusahaan transportasi untuk menyediakan produk praktis di tahun-tahun mendatang,” ujar Menteri Transportasi dan Layanan Logistik Arab Saudi, Saleh al-Jasser dikutip dari Alarabiya News, Sabtu (11/5/2024).

Menurut al-Jasser, langkah inovatif ini dimaksudkan agar para jemaah dapat melakukan ibadah dengan lancar. Dikatakan, taksi terbang tersebut dilengkapi teknologi otonom canggih dan akan disediakan di tempat-tempat transportasi lokasi suci, seperti Makkah, Madinah dan sejumlah wilayah lainnya.

Mengutip laman AAJ English TV, moda transportasi futuristik ini diharapkan dapat mempersingkat waktu perjalanan dan kemacetan di jalan raya serta menawarkan cara yang lebih efisien dan nyaman bagi jemaah haji. Sementara itu, penggunaan drone menjadi langkah revolusioner berbagai aspek operasional haji.

Adapun untuk drone, nantinya digunakan untuk memantau tempat-tempat suci dalam memastikan keselamatan dan keamanan jemaah. Drone juga dilengkapi dengan sensor dan kamera canggih untuk menyediakan data real-time dan membantu pihak berwenang dalam mengatasi masalah.

Menteri Transportasi dan Layanan Logistik Arab Saudi menekankan bahwa pengujian dan persiapan ekstensif tengah dilakukan untuk memastikan penerapan teknologi ini aman selama musim haji. Kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan internasional terkemuka dan para ahli di bidangnya juga diupayakan.

Kerajaan bertekad untuk memanfaatkan teknologi mutakhir demi kepentingan jemaah. Integrasi taksi terbang dan drone pada musim haji kali ini diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam sejarah ibadah haji.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *