Safari Ramadan di Bungaraya Wabup Husni Pesan Cuaca Panas Masyarakat di Minta Antisipasi Karhutla

Uncategorized441 Dilihat

SIAK || Memasuki hari ke enam bulan suci ramadan, Wakil Bupati Siak Husni Merza mengelar safari ramadan tahun 1444 H/2023 M. Kegiatan safari ramadan kali ini memilih lokasi di Masjid Baiturrohman Dusun Satu Kampung langsat Permai, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Selasa (28/3/2023) malam.

Kegiatan Safari Ramadan ini di awali dengan buka bersama, salat magrib dan tarawih dan di lanjut dengan pemberian bantuan dari Pemkab Siak, BAZNAS, BRK Syariah kepada warga kampung Seminai.

Wakil Bupati Siak Husni Merza menyampaikan safari ramadan ini, merupakan wadah silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat dimana kegiatannya dilaksanakan setiap tahun.

“Momentum bulan suci Ramadan, kami jadikan wadah silaturahmi bersama masyarakat, termasuk juga berbagi bersama kaum duafa dan anak yatim melalui bantuan Pemkab, program BAZNAS dan BRK Syariah dan ini menjadi program rutin pemerintah daerah,”ucap Husni.

Wabup Husni mengingatkan masyarakat agar senantiasa meramaikan masjid, tidak hanya di bulan ramadan saja, termasuk menjaga Kamtipmas. Ia mengingatkan memasuki musim panas masyarakat membersihkan kebun tidak dengan cara di bakar.

“Saat ini wilayah kita berada di cuaca musim panas, untuk itu, kami ingatkan masyarakat khususnya Bungaraya jika membuka atau membersihkan lahan jangan dengan cara di bakar. Karena selain menimbulkan asap juga takutnya tidak terkontrol dan merambat-kemana-mana, yang akibatnya bapak ibu berurusan dengan penegak hukum,”himbau husni.

Selain itu, ia minta di bulan suci yang penuh rahmat ini, masyarakat memiliki rasa empati membantu sesama dan bagi yang memiliki kebun sawit dan sawah jika sampai hisabnya dapat mengeluarkan zakat perkebunan dan pertanian.

“Jika tidak paham, disini kan ada UPZ Kampung dan kecamatan, silahkan berkonsultasi, termasuk membayar zakat fitrah. Semoga di bulan Ramadan ini bisa kita maknai dengan memperbanyak amal dan peduli kepada saudara muslim yang kurang beruntung,”pesannya.

Dalam safari di Bungaraya ini Pemkab Siak memberikan bantuan 10 pcs Al-Qur’an beserta terjemahan dan bantuan sosial untuk anak yatim berupa uang 200.000/anak. Bantuan dari bank Riau kepri untuk pemerintah kabupaten siak untuk diberikan kepada Masjid sebesar Rp10 juta dan bantuan pola konsumtif dari baznas Siak paket ramadan bahagia.***DANIL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *