Plt Kepala Disparbudpora Nias Barat Kunker di Poltekpar Medan

Nias526 Dilihat

NIAS BARAT || Dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia di Sektor Pariwisata dan sebagai tindak lanjut kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Nias Barat dan Poltekpar Medan, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat melaksanakan kunjungan kerja di Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan, Selasa (7/3/2023).

Kunjungan kerja tersebut, dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si., Plt. Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Pemasaran dan Kelembagaan Pariwisata, Aktivitas Ketabahan Hati Sarumaha, S.S., Kepala Seksi Pengembangan Usaha Pariwisata, Swarni Puspa Dewi Purba, SH., M.Sc., Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman, Kristina Octavia Sitompul, SE dan Staf Bidang Ekonomi Kreatif, Pemasaran dan Kelembagaan Pariwisata, Alex Ganda Subrata.

Kunjungan kerja Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga tersebut diterima langsung oleh Wakil Direktur I Poltekpar Medan Dr. Femmy Indriany Dalimunthe, S.E., M.Si., CHE., dan Wakil Direktur II Poltekpar Medan Iwan Riady, S.Sos., M.Si., CHE.

Dalam kunjungan ini, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan beasiswa yang telah diberikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia melalui Poltekpar Medan kepada dua orang penerima beasiswa tahun ajaran 2022 dari Kabupaten Nias Barat atas nama Kurnia Darmawati Halawa dan Indah Kurnia Fitri Marulafau.

Hal ini sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di Kabupaten Nias Barat.

Plt. Kadisparbudpora Kabupaten Nias Barat juga turut menyampaikan sejumlah tantangan dan kendala yang tengah dihadapi pemerintah di sektor pariwisata diantaranya masih minimnya tenaga pariwisata dan lulusan pariwisata di Kabupaten Nias Barat.

“Kami berharap kedepannya Poltekpar Medan berkenan mengalokasikan kuota beasiswa untuk Kabupaten Nias Barat lebih banyak lagi sehingga putra-putri Nias Barat berkesempatan mendapatkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi khususnya di sektor pariwisata” ujar Imelda Hia.

Seterusnya, April Imelda Juita Hia, mengharapkan agar kerjasama dengan Poltekpar Medan dapat ditingkatkan lagi melalui kerjasama di bidang lainnya, yaitu di bidang pengabdian dan penelitian pariwisata, program praktek kerja nyata (PKN) mahasiswa di Kabupaten Nias Barat, field trip dan kolaborasi promosi event pariwisata.

Wakil Direktur I Poltekpar Medan, Dr. Femmy Indriany Dalimunthe, S.E., M.Si., CHE., menyambut baik kunjungan kerja ini dan menginformasikan bahwa penerimaan mahasiswa tahun akademik baru sudah mulai dilakukan dalam minggu ini hingga bulan Mei 2023.

Terkait dengan informasi beasiswa di Poltekpar Medan untuk tahun akademik 2023, Pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga sudah dapat melakukan seleksi internal dan mengirimkan rekomendasi penerima beasiswa.

“Kita akan upayakan agar kuota beasiwa dapat bertambah lagi untuk Kabupaten Nias Barat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan daerah,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Wakil Direktur I Poltekpar Medan, Dr. Femmy Indriany Dalimunthe, S.E., M.Si., CHE., bahwa upaya peningkatan kerjasama sangat mungkin untuk dilakukan mengingat sudah ada Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kab. Nias Barat dan Poltekpar Medan sehingga dapat ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk kegiatan-kegiatan lainnya yang ingin ditingkatkan kerjasamanya.***RESTU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *