Pemkab Nias Laksanakan Musrenbang Untuk Penyusunan RKPD Tahun 2024

Nias495 Dilihat

NIAS || Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias, melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024, sekaligus menyepakati permasalahan pembangunan dan prioritas pembangunan, bertempat di Aula Serba Guna, Lantai III Kantor Bupati Nias, Senin (13/03/2023).

Pada acara tersebut Turut hadir Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara Aspan Sofian, Bupati Nias, Wakil Bupati Nias, Kepala Bappelitbang Provinsi Sumatera Utara, Narasumber mewakili KemenPANRB Republik Indonesia yakni Kasubbag Tata Usaha Deputi Pelayanan Publik Ibu Emida Suparti, S.H., MAP., Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Abyadi Siregar, Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Unsur Forkopimda Kabupaten Nias, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Para Rohaniawan, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Perguruan Tinggi, Delegasi Kecamatan se-Kabupaten Nias dan Seluruh Hadirin.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Nias, Jellysman B. Geya dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang ini bertujuan untuk penyelarasan, klarifikasi program Pemerintah Daerah, target kinerja Pemerintah Daerah pada tahun 2024 serta menyelaraskan program tersebut dengan target dan sasaran pembangunan di Tingkat Provinsi maupun di pusat.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Ameyunus Zai dalam sambutannya juga mengapresiasi atas terselenggaranya Murenbang RKPD Kabupaten Nias Tahun 2024. Ia berharap agar tujuan RKPD ini dapat terwujud dan mewakili seluruh kepentingan dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Nias.

Dalam sambutan Gubernur Sumatera Utara yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu, Aspan Sofian juga mengapresiasi seluruh tahapan-tahapan persiapan Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Nias mulai dari Musrenbang Tingkat Desa, Musrenbang Tingkat Kecamatan hingga hari ini.

Bahkan Ia mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Nias yang telah berupaya memajukan Kabupaten Nias sehingga dapat diketahui bersama bahwa ada banyak peningkatan dan perkembangan hasil kinerja dari Pemkab Nias yakni Capaian Pertumbuhan Ekonomi, Peningkatan IPM, Penurunan Tingkat Kemiskinan, Penurunan Tingkat Pengangguran di Kabupaten Nias.

Ia berharap agar seluruh stakeholder tetap memperhatikan hasil program sebelumnya, isu strategis di wilayah Kabupaten Nias, kondisi rill, stunting, masalah pengangguran, tingkat kemiskinan dan sebagainya.Harap Asupan Sofyan.

Bupati Nias, Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si yang membuka kegiatan Musrenbang tersebut dalam sambutannya menyampaikan, Musrenbang RKPD Tahun 2024 tahun ke-3 dalam agenda perencanaan pembangunan Tahun 2021-2026 dimana kita harapkan agenda tahun ke-3 ini dapat mendukung pencapaian misi pertama dari Trisakti Nias Maju. Agenda pembangunan yang menjadi fokus pembangunanan adalah Transformasi Pelayanan Publik menuju masyarakat Kabupaten Nias Maju.

Ia menegaskan, Transformasi Pelayanan Publik menuju masyarakat Kabupaten Nias Maju merupakan salah satu agenda reformasi birokrasi di bidang penyelenggaraan pelayanan publik dimana Aparatur Sipil Negara diharapkan mampu memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya, berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan masyarakat.Harap Yaatulo.

“Target yang harus kita capai yakni Nilai Indeks RB, SAKIP dipertahankan, Indeks Kepuasan Masyarakat, Laporan Audit Keuangan BPK mendapatkan Nilai WTP” sesuai sumber niaskab.go.id

Mengakhiri sambutannya, Bupati Nias, Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si berharap agar Musrenbang ini menjadi wadah untuk membangun komitmen bersama antara Stakeholder mulai dari proses perencanaan, perangkat daerah dapat menentukan dan menyepakati program pembangunan berdasarkan kapasitas ketersediaan riil anggaran, serta menyelaraskan program pembangunan daerah dengan pembangunan di provinsi maupun pusat, ujarnya.***RESTU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *