Nawal Sebut Kader PKK Punya Peran Strategis

Medan633 Dilihat

MEDAN || Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis menggelar workshop kelompok kerja (Pokja) I dan III PKK se-Sumut. Menurut Nawal, peningkatan kapasitas kader PKK merupakan hal yang strategis bagi program PKK.

“Peningkatan kualitas 10 program PKK itu harus menjadi perhatian kita semua, SDM PKK adalah target yang harus kita benahi agar 10 program tersebut dapat berjalan dengan baik, peran kader PKK punya peran strategis dalam menjalankan program PKK,” kata Nawal, saat membuka workshop pokja I dan III TP PKK kabupaten/kota se-Sumut di Hotel Le Polonia, Medan, Senin (20/2).

Nawal menjabarkan 10 program PKK. Di antaranya penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, perencanaan sehat.

“Kehadiran PKK sangat diharapkan terus memberikan kontribusi khususnya pada program memperkuat ketahanan keluarga di masyarakat,” kata Nawal.

Kata Nawal, gerakan PKK telah menyebar dan sampai pada masyarakat hingga keluarga. PKK merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam masyarakat saat ini.

Selain itu, Nawal mengatakan TP PKK Sumut mendukung penuh program Satu Data. Menurutnya, program Satu Data dapat membantu PKK dalam menjalankan seluruh program PKK.

”Untuk itu, memperkuat data membutuhkan kolaborasi dari seluruh pihak. Hal itu penting kita utamakan, data itu penting untuk kita menangani penyakit menular, pembentukan karakter, bahkan kekurangan pangan bisa terdata secara akurat,” kata Nawal.

Sekretaris TP PKK Sumut Riza Vahlevi Lubis mengatakan peserta workshop berasal dari seluruh Sumut. Menurut Riza, workshop tersebut merupakan salah satu kegiatan strategis PKK. Ia mengharapkan workshop tersebut dapat menambah kapasitas kader PKK yang menjadi peserta.

Kata Riza, Workhsop tersebut diisi berbagai pembicara mulai dari Kepala BNN Sumut, praktisi dan akademisi. Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumut Toga Habinsaran Panjaitan, perwakilan OPD Pemprov Sumut.***WASGO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *