Kuota Terpenuhi, Pemko Medan Tutup Pendaftaran Program Mudik Bareng 2023

Medan558 Dilihat

MEDAN || Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan Kota Medan resmi menutup pendaftaran mudik bareng 2023 lebih cepat dari yang dijadwalkan sebelumnya. Hal ini dikarenakan kuota 5000 kursi penumpang yang disediakan Pemko Medan telah terpenuhi dihari pertama dibukanya pendaftaran Mudik Bareng, Senin (3/4/2023).

Bahkan tercatat jumlah calon pemudik yang sudah terdaftar mencapai 5.300 orang, baik itu yang mendaftar secara offline maupun online.

“program mudik bareng Pemko Medan yang digagas oleh Bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution pada tahun ini disambut antusias yang luar biasa dari masyarakat. Kuota 5.000 kursi penumpang telah kita sediakan terpenuhi seluruhnya bahkan lebih. Tercatat, jumlah calon pemudik yang terdaftar sebanyak 5.300 orang di hari pertama pendaftaran, sehingga proses pendaftaran langsung kita tutup di hari kedua ini,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar, Selasa (4/4).

Dikatakan Iswar, pada hari pertama pendaftaran di hari Senin kemarin, jumlah yang mendaftar program Mudik Bareng Pemko Medan 2023 ini sekitar 1.825 orang, baik itu yang mendaftar secara offline maupun online. Namun setelah dilakukan verifikasi terhadap data pendaftar, ternyata total secara keseluruhanya menjadi 5.300 orang.

“Hal ini dikarenakan rata-rata satu orang pendaftar tidak hanya mendaftarkan dirinya sendiri saja, melainkan juga mendaftarkan anggota keluarga lainnya. Misalnya saja yang datang mendaftar si Kepala Keluarga, namun dia juga turut mendaftarkan istri dan anak-anaknya, Sehingga walaupun yang mendaftar sekitar 1.825 orang, namun yang menjadi calon pemudik berjumlah 5.300 orang. Artinya, kuota kursi penumpang yang kita siapkan sudah penuh bahkan lebih,” ujar Iswar.

Meski jumlah kuota telah melebihi 5.000 kursi penumpang, namun Iswar meminta agar masyarakat yang telah mendaftar tidak khawatir. Sebab, Dishub Kota Medan akan tetap memastikan seluruh calon pemudik yang telah terdaftar tersebut akan diberangkatkan.

“Meski melebihi kuota namun semua masyarakat yang sudah mendaftar Insya Allah akan tetap kita berangkatkan,” Ucap Iswar.

Tidak lupa Iswar pun mengingatkan kepada seluruh calon penumpang agar mengambil tiket keberangkatannya di Taman Ahmad Yani, Medan pada tanggal 10 – 14 April 2023, mulai Pukul 09.00 – 15.00 WIB.

“Seperti yang sudah kita jadwalkan, keberangkatan akan dilakukan pada tanggal 19, 20, dan 21 April 2023 pada pukul 14.00 WIB di Jalan Masjid Raya Medan. InsyaAllah Pak Wali akan melepas keberangkatan pemudik di tanggal 19 April atau di hari pertama keberangkatan,” terangnya.

Lebih lanjut Iswar menambahkan dari data yang dimiliki, dari 12 rute yang disiapkan untuk program mudik bareng Pemko Medan tahun 2023 ini rute Medan – Panyabungan merupakan rute yang paling banyak diminati, yakni sebanyak 1.391 orang. Lalu diurutan kedua rute Medan – Padang Sidimpuan dengan jumlah 776 orang, dan selanjutnya rute Medan – Natal dengan jumlah 535 orang serta yang terakhir rute Medan – Sibuhuan dengan jumlah 502 orang.

“Kita rencanakan yang berangkat di tanggal 19 April atau di hari pertama berjumlah 2.425 orang, di tanggal 20 April sebanyak 2.092 orang, dan di tanggal 21 April sebanyak 777 orang,” lanjutnya.

Melihat antusiasme yang begitu tinggi dari masyarakat yang mengikuti program mudik bareng Pemko Medan 2023 ini, Iswar pun menyampaikan ucapan terima kasih.

“Terimakasih atas antusiasme dan kepercayaan masyarakat untuk mengikuti program mudik bareng bersama Pemko Medan,” pungkasnya.***WASGO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *