Koperasi Harus Dapat Meningkatkan Pendapatan Anggota

Bengkalis634 Dilihat

BENGKALIS || Bupati Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Toharudin berharap koperasi sebagai badan usaha maupun sebagai gerakan ekonomi rakyat harus dapat berjalan dengan baik untuk meningkatkan pendapatan anggota koperasi. Hal ini berlandaskan pancasila dan undang-undang dasar 1945.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Bengkalis Kasmarni melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Toharuddin saat membuka sosialisasi peningkatan penataan manajemen perkoperasian tahun anggaran 2023, bertempat di ruangan Terubuk Pantai Marina Hotel, Rabu, (15/03/2023).

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama dua hari terhitung 15 – 16 Maret 2023 diikuti sebanyak 66 peserta dan ditandai dengan pemasangan nama peserta secara simbolis oleh Bupati Bengkalis melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Toharudin, dan menghadirkan narasumber dari UPT Pelatih Koperasi dan UKM Provinsi Riau Ibu Normah dan Ibu Mikha Melina Harahap.

“Pembangunan koperasi bertujuan untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya dan ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju adil dan makmur berlandaskan pancasila dan undang-undang dasar 1945,” harap Toha.

Lebih lanjut mantan Camat Pinggir ini menambahkan, berdasarkan hasil kunjungan tim di sejumlah koperasi masih terdapat pengurus dan pengawas koperasi belum melaksanakan tugas dan wewenangnya, sehingga tak jarang pengurus dan pengawas koperasi belum maksimal dalam melakukan tugasnya.

“Kami meminta kepada pengurus koperasi yang telah dibentuk agar dapat melakukan pengurusan dan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijaksanaan dan pengelolaan koperasi, kemudian harus membuat laporan pertanggungjawaban pengurus dalam bentuk RAT (Rapat Anggota Tahunan), selanjutnya membuat rencana kerja dan mengelola koperasi dan usahanya serta mampu menyelenggarakan pembukuan keuangan dan inventasi koperasi secara tertib,” pintanya.

Diakhir sambutannya Toha berharap selama dua hari kedepan peserta mengikuti sosialisasi peningkatan penataan manajemen perkoperasian ini agar dapat mengikutinya dengan baik, serius dan proaktif, mudah – mudahan dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan bagi bapak/ibu sebagai anggora koperasi.

Kemudian Edy Purnama selaku ketua panitia penyelenggara kegiatan tersebut menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakan sosialisasi ini bagi anggota koperasi Si-Puan yang telah dibentuk Bupati Bengkalis agar dapat meningkatkan pemahaman kepada pengurus dalam memanajemen dan menganalisis pengoperasian koperasi.

Tampak hadir mengikuti pembukaan tersebut Sekretaris Koperasi dan UKM Mulyadi serta peserta sosialisasi se-Kabupaten Bengkalis.***INF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *