Jokowi Resmikan Tol Indrapura, Bakal Percepat Waktu Tempuh Medan-Kisaran

Sumut231 Dilihat

SUMUT || Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua ruas jalan tol di Trans Sumatera, yakni Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh. Total pembangunan jalan tol ini menelan biaya Rp 4,7 triliun.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini segera akan kita resmikan jalan tol seksi Tebing Tinggi-Indrapura dan seksi Indrapura-Lima Puluh. Kedua tol ini merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera,” kata Jokowi dalam peresmian, Rabu (7/2/2024).

“Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura dengan panjang ruas 20,4 kilometer dengan biaya Rp 3,06 triliun dan jalan tol seksi Indrapura-Lima Puluh dengan panjang 15,6 kilometer dengan biaya Rp 1,67 triliun rupiah,” lanjut Jokowi.

Jokowi mengatakan kedua ruas jalan tol ini memberi akses ke kawasan pariwisata Danau Toba. Dia berharap ruas jalan tol ini dapat meningkatkan mobilitas logistik ke Pelabuhan Kuala Tanjung hingga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mengkei.

“Kedua ruas jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas kawasan ke kawasan pariwisata di Danau Toba, kemudian juga meningkatkan kecepatan logistik ke Pelabuhan Kuala Tanjung dan juga yang berkaitan dengan KEK Sei Mangkei. Ini kita harapkan juga akan cepat bisa berkembang dan juga mempercepat waktu tempuh dari Medan dan sekitarnya menuju Kisaran dan Provinsi Riau sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan dan sekitarnya,” ujarnya.

Jokowi yakin pembangunan jalan tol ini juga dapat meningkatkan investasi. Dia pun berharap kunjungan wisata ke destinasi super-prioritas dapat meningkat.

“Saya yakin dengan pembangunan jalan tol ini akan semakin banyak investasi, akan semakin banyak investor yang datang untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di provinsi Sumatera Utara dan juga meningkatkan kunjungan wisata ke destinasi super-prioritas di Danau Toba dan sekitarnya serta mengefisienkan biaya logistik ke Pelabuhan Kuala Tanjung dan KEK Sei Mangkei,” tuturnya.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *