Jamaah Aboge Probolinggo Baru Puasa Besok, Malam Ini Tarawih Pertama

Ragam437 Dilihat

PROBOLINGGO || Jemaah Aboge Probolinggo baru akan berpuasa besok. Yakni pada Jumat Wage, 24 Maret 2023. Jemaah Aboge atau para pengikut perhitungan Alif Rebo Wage itu juga baru akan melaksanakan tarawih pertama malam ini.

Salah satu kampung Aboge berada di Dusun Wuluhan, Desa Leces, Kecamatan Leces. Aktivitas warga tampak seperti biasa. Hanya saja, hari ini para suami sibuk membuat dinding dari batang bambu, untuk mengganti dinding rumah yang rusak. Ini dilakukan untuk persiapan menyambut Lebaran.

Sementara itu para perempuan atau para ibu-ibu di kampung tersebut mengiris bawang dan sayur mayur. Mereka sedang menyiapkan bumbu masak untuk persiapan makan sahur.

Hampir setiap tahun penetapan awal puasa Ramadhan jemaah Aboge selalu berbeda dengan yang ditetapkan Kementerian Agama maupun Muhammadiyah. Selalu selisih sehari atau dua hari lebih lebih lambat.

“Jemaah Aboge mengawali puasa Ramadhan tepatnya pada hari Jumat Wage. Saya berkeyakinan Jemaah Aboge sejak nenek moyang hari ini saya masih makan dan belum menunaikan ibadah puasa hari ini,” ujar Solihin, salah satu jemaah Aboge kepada detikJatim, Jumat (24/3/2023).

Jemaah Aboge sendiri berpedoman pada perhitungan berdasarkan pada kalender Islam yang termuat dalam Kitab Mujarobah. Mereka menyebutnya dengan keyakinan Aboge tahun Alif Rebo Wage.

Sesuai Tahun Jawa yang dipedomani jemaah Aboge, perhitungan tahun berputar selama kurun 8 tahun (windu). Yakni, Alif Rabo Wage (Aboge), disusul Ha’ Akad Pon (Hakadpon), Jim Awal Jumat Pon (Jimatpon), Za’ Selasa Pahing (Zasahing), Dal Sabtu Legi (Daltugi), Ba’ Kamis Legi (Bamisgi), Wawu Senin Kliwon (Waninwon), dan Jim Akhir Jumat Wage (Jimatge).

Adapun permulaan bulan (tanggal 1) dihitung sesuai patokan kurun waktu 8 tahun itu. Tahun ini 1 Suro bertepatan dengan Tahun Zasahing (Tahun Za’ Selasa Pahing). Peton digunakan untuk menentukan perhitungan lain seperti awal puasa dan lebaran Idulfitri maupun Iduladha.

Penetapan 1 Syawal dengan rumus Wal-Ji-Ro (Syawal-Siji-Loro), 1 Syawal jatuh pada Jumat Wage (24/3/2023). 10 Dzulhijah dengan rumus Sar-Pat-Ji (Besar-Papat-Siji).

“Aboge awal puasa Jumat Wage, dengan hitungan Danamru, dan selalu berbeda,” ujar Ustaz Buri Bariyah, tokoh agama jemaah Aboge Probolinggo.

Di wilayah Probolinggo sendiri kurang lebih ada 900 jamah Aboge tersebar di 10 Desa yang ada di 4 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Di antaranya Kecamatan Dringu, Leces, Bantaran dan Kecamatan Tegal Siwalan.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *