Ijeck Ajak SMSI Kembangkan Wisata di Sumut

Medan747 Dilihat

MEDAN || Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mengepresiasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sumut yang telah mendukung Geopark Kaldera Toba (GKT).

Pria yang akrab dipanggil Ijeck ini menilai dukungan nyata SMSI lewat Ekspedisi GKT 4-7 Februari 2023 dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) itu menjadi modal berharga menghadapi evaluasi, validasi ulang dan penentuan kembali status GKT di Unesco pada 2024 mendatang.

“Saat ini pra revalidasi sudah mulai berjalan. Dan alhamdulillah kemarin sejumlah lembaga mengikuti jejak SMSI mendukung keberadaan Geopark Kaldera Toba. Inilah tentunya yang kita harapkan, semua mendukung Geopark Kaldera Toba,” kata Ijeck didampingi Sekretaris Dinas Kominfo Sumut Rosmidar saat menerima kunjungan silaturahmi Pengurus SMSI Sumut di Rumah Dinas Wagub Sumut, Jalan Teuku Daud Medan, Senin (27/03/2023).

Hadir di antaranya Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupulu, Sekretaris Ariadi, Bendahara Agus Lubis, Kabid Organisasi dan Daerah Benny Pasaribu, Kabid Pendidikan dan Pelatihan Agustama, Seksi Organisasi dan Daerah Irwan Manalu, Seksi Pendidikan dan Pelatihan Walyono dan Penasehat Rony Purba.

Berbicara tentang GKT, kata dia, tidak terlepas dari Danau Toba. “Mau darimana pun kita lihat, Danau Toba itu begitu indah. Makanya saya mengapresiasi SMSI karena telah membuat event mempromosikan pariwisata Danau Toba,” sebutnya.

Sejatinya, kata Ketua Golkar Sumut ini, suatu destinasi wisata kalau tidak digaungkan lewat event akan sulit menarik datangnya wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara.

Sama seperti dirinya, yang kerap mempromosikan Danau Toba lewat event kejuaraan balap (rally) tingkat daerah, nasional dan bahkan internasional.

“Kepada Bapak Presiden Jokowi, saya bilang begini. Oh bukan karena saya hobi rally lantas membuat event rally di Danau Toba, tapi lebih ke upaya mempromosikan wisata Danau Toba,” sebutnya.

Event rally yang akan digelar Ijeck bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) di kawasan Danau Toba, seperti Kejurnas Asia Pasific Rally Championship (APRC) pada September dan November 2023 dan World Rally Championship (WRC) 2024.

“Kalau event rally dunia, tak hanya pebalap internasional yang datang, tapi juga pelatihnya, manajemen sampai ke mekanik dan bahkan penonton dari luar negeri juga datang. Ini kan berdampak positif ke wisata Danau Toba,” katanya.

Karena itu, Ijeck mengajak SMSI Sumut mengembangkan destinasi-destinasi wisata yang ada di Sumut berbasis event. “Tanpa event, sulit kita mendatangkan wisatawan, jalan di tempat kita,” ujar Ijeck.

Di Sumut, tambah Ijeck, begitu banyak destinasi wisata. Ia mencontohkan beberapa pilot project prioritas seperti Danau Toba, Tangkahan dan Bukit Lawang di Langkat, surfing di Nias Selatan dan arung jeram ‘ekstrim’ Asahan.

Terakhir Ijeck menyampaikan dukungannya kepada pengurus SMSI untuk berkarya melalui pelaksanaan program-program kerja di Sumut. “Sama-sama kita, dengan pemprov, dengan Pemda membangun Sumut,” ujar Ijeck.

Sebelumnya Ketua SMSI Sumut Erris J Napitupulu menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemprov Sumut, khususnya Wagub Musa Rajekshah atas pelaksanaan rangkaian acara Ekspedisi Geopark Kaldera Toba HPN 2023 SMSI.

Selain menjelaskan sekilas tentang kehadiran SMSI di Sumut, Erris juga menjelaskan soal rencana program kegiatan dalam waktu dekat, salah satunya Safari Ramadan dan Buka Puasa Bersama.

Erris juga berharap sinergi membangun Sumut terus terlaksana. Pada kesempatan itu Erris didampingi pengurus lainnya menyerahkan penghargaan Mitra SMSI kepada Wagub Musa Rajekshah.***WASGO/REL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *