Hari Penyiaran Nasional 2023: Sejarah dan Peringatannya 1 April

Ragam881 Dilihat

JAKARTA || Hari Penyiaran Nasional 2023 diperingati pada tanggal 1 April. Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) adalah hari penting nasional yang diperingati setiap tanggal 1 April untuk meningkatkan apresiasi dan dukungan terhadap penyiaran di Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Hari Penyiaran Nasional 1 April, simak sejarah hingga serba-serbi peringatannya di tahun 2023 berikut ini.

Hari Penyiaran Nasional adalah hari penting nasional yang diperingati untuk mewujudkan tujuan penyiaran nasional sekaligus sebagai apresiasi dan dukungan terhadap bidang penyiaran di Indonesia. Harsiarnas diperingati pada tanggal 1 April setiap tahunnya.

Penetapan Hari Penyiaran Nasional itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres RI) Nomor 9 Tahun 2019. Keppres yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 29 Maret 2019 ini menetapkan 1 April sebagai Hari Penyiaran Nasional dan bukan merupakan hari libur.

Dalam Keppres tersebut disebutkan bahwa tanggal 1 April 1933 di Solo telah didirikan Lembaga Penyiaran Radio milik Indonesia yaitu Solosclre Radio Vereeniging (SRV) yang diprakarsai KGPAA Mangkunegoro VII. Ini merupakan perintis berdirinya radio ketimuran milik bangsa Indonesia yang berjasa dalam menggunakan teknologi modern untuk pengembangan budaya Indonesia.

Selain itu, disebutkan pula bahwa pemangku kepentingan di bidang penyiaran nasional telah melakukan Deklarasi Hari Penyiaran Nasional pada tanggal 1 April 2010. Sejak itu, pada tanggal 1 April diperingati sebagai Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas).

Sejarah Hari Penyiaran Nasional 1 April
Mengutip dari laman Kominfo RI, sejarah penyiaran di Indonesia mulai berlangsung pada tahun 1927. Sejak Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Sri Mangkoenegoro VIl yang menerima hadiah dari seorang Belanda berupa pesawat radio penerima.

Kemudian pada 1 April 1933 berdiri sebuah lembaga penyiaran radio pertama milik Indonesia di Kota Solo bernama Solosche Radio Vereeniging (SRV). Dan pada 28 Desember 1936, siaran langsung radio dari Solo-Indonesia diperdengarkan berupa gamelan Jawa untuk mengiringi tarian Budaya Serimpi.

Selanjutnya pada tanggal 28 Maret 1937 terbentuk organisasi bernama Perikatan Perkumpulan Radio Ketimuran (PPRK). Ini merupakan asosiasi penyiaran nasional pertama di Indonesia.

Setelah 8 tahun berlalu yakni pada tanggal 11 September 1945, Bangsa Indonesia berhasil mendirikan Radio Republik Indonesia (RRI). Dan mulai di deklarasikan Hari Penyiaran Nasional pada tanggal 1 April 2010 di Kota Solo.

Peringatan Hari Penyiaran Nasional 2023
Tahun ini, Hari Penyiaran Nasional adalah peringatan Hari Penyiaran Nasional yang ke-90. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menetapkan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), tepatnya Kabupaten Bintan, sebagai tuan rumah peringatan Hari Penyiaran Nasional 2023.

Seperti dilansir Antara, Komisioner KPI Pusat Mohamad Reza menyampaikan alasan dipilihnya Kepri sebagai tuan rumah Harsiarnas 2023. Ini karena daerah setempat sudah lama mengajukan diri sekaligus menyatakan kesiapan untuk menjadi pusat pelaksanaan peringatan Hari Penyiaran Nasional 2023.

Reza turut menyebut salah satu fokus utama yang akan dibahas dalam peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-90 tahun 2023. Di antaranya terkait dengan Revisi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2022 tentang Penyiaran.

“Kita ingin mendorong revisi Undang-Undang Penyiaran yang lama karena sudah tertinggal dengan perkembangan media saat ini,” kata Reza seperti dilansir Antara pada Senin (6/3/2023).

Cara Memperingati Hari Penyiaran Nasional
Ada banyak cara untuk memperingati Hari Penyiaran Nasional ke-90 pada Sabtu, 1 April 2023. Berikut ini rekomendasi hal yang bisa dilakukan untuk menyemarakkan Hari Penyiaran Nasional 2023:

1. Mengedukasi diri dan masyarakat tentang peran serta pentingnya penyiaran nasional bagi bangsa Indonesia.
2. Menyebarluaskan informasi tentang peringatan Hari Penyiaran Nasional pada tanggal 1 April di media sosial.
3. Mengadakan atau berpartisipasi dalam acara atau kegiatan dengan tema Hari Penyiaran Nasional 2023.
4. Memasang Twibbon Hari Penyiaran Nasional 2023 dengan ucapan Selamat Hari Penyiaran Nasional 2023.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *