Gempa Kembali Guncang Turki, 1 Orang Tewas-Puluhan Luka

Ragam602 Dilihat

TURKI || Gempa kembali mengguncang Turki. Gempa bermagnitudo 5,6 mengguncang wilayah Turki timur pada Senin (27/2), menewaskan satu orang dan melukai puluhan orang lainnya. Badan bencana pemerintah mengatakan, gempa ini juga menyebabkan beberapa bangunan yang telah rusak akibat gempa sebelumnya, runtuh.

Dilansir kantor berita AFP, Senin (27/2/2023), pusat gempa adalah distrik Yesilyurt di provinsi Malatya, yang dilanda gempa dahsyat pada 6 Februari lalu. Saat itu, gempa bermagnitudo 7,8 menewaskan lebih dari 44.000 orang di Turki dan ribuan orang lainnya di negara tetangga Suriah.

“Satu warga tewas. Sekitar 69 orang terluka,” kata Yunus Sezer, ketua badan bencana pemerintah Turki, AFAD, dalam komentar yang disiarkan televisi.

Dalam postingan di Twitter, AFAD menyebut bahwa 29 bangunan yang sudah rusak akibat gempa dahsyat 6 Februari lalu kini ambruk usai gempa terbaru.

“Tim pencarian dan penyelamatan kami dengan cepat dikirim ke wilayah tersebut, dan mulai bekerja,” tambahnya.

Media Turki melaporkan, wali kota setempat, Mehmet Cinar, mengatakan seorang ayah dan putrinya terjebak setelah mereka memasuki sebuah bangunan yang rusak untuk mengambil barang-barang mereka.

Tayangan televisi menunjukkan pria itu dibawa dengan tandu ke ambulans, sementara tim penyelamat berusaha menghubungi putrinya di dalam gedung yang rusak.

AFAD mencatat hampir 10.000 gempa susulan telah terjadi setelah gempa dahsyat 6 Februari. Sekitar 173.000 bangunan diyakini mengalami kerusakan menurut laporan media setempat.

Media Turki secara vokal mengkritik pengembang karena menggunakan material yang buruk dan gagal mematuhi aturan konstruksi.

Presiden Recep Tayyip Erdogan telah mengumumkan rencana untuk membangun kembali 270.000 rumah di provinsi-provinsi yang hancur dalam waktu satu tahun.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *