Ganjar Unggul Saat Berduet dengan Erick Ketimbang yang Lain

Politik692 Dilihat

SKEMA pasangan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Erick Thohir menyalip Ganjar Pranowo – Ridwan Kamil (RK) di polling terbuka masyarakat. Polling ini diadakan oleh program The Matchmaker.

Di pekan sebelumnya, Ganjar – RK berada di posisi pertama dalam polling tersebut. Sedangkan di pekan ke dua, Ganjar – Erick menyalip skema pasangan tersebut dengan perolehan polling 763 suara.

Sedangkan Ganjar – RK tergeser ke posisi kedua dengan perolehan polling sebesar 696. Dengan ini Ganjar – Erick unggul sebesar 67 suara di dalam polling The Matchmaker dari skema Ganjar – RK.

Seperti diketahui, The Matchmaker merupakan program yang menampung aspirasi publik soal figur-figur yang cocok berpasangan di Pilpres 2024. The Matchmaker adalah program eksklusif dalam rangka menyambut Pemilu 2024.

Program ini mengajak masyarakat untuk memilih dan menjodohkan tokoh-tokoh yang dinilai cocok untuk menjadi pasangan bakal capres dan cawapres. Tahap pertama The Matchmaker yaitu tahap menjodohkan telah berlangsung pada 1 Desember 2022-9 Februari 2023 dan menghasilkan 5 besar pasangan capres-cawapres yang paling banyak diusulkan masyarakat.

Kini, The Matchmaker berada di tahap kedua, yaitu tahapan masyarakat bisa memilih pasangan favorit untuk menjadi capres-cawapres dari 5 besar tahap sebelumnya. Hingga pekan kedua, sudah hampir 2.000 vote masuk ke The Matchmaker pada 20 Februari-6 Maret 2023.

Sejauh ini posisi pertama dihuni oleh skema Ganjar – Erick, posisi ke dua Ganjar – RK. Di bawahnya terdapat pasangan Anies – AHY, Prabowo – Ganjar dan Prabowo – Erick.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) menilai Ganjar-Erick berpotensi melenggang dengan mulus maju sebagai pasangan capres-cawapres berkat dukungan Presiden Joko Widodo.

“Jadi rasional itu siapa yang memiliki elektabilitas tinggi yang berpotensi menang, yang didukung oleh kekuasaan yakni Pak Jokowi dia yang didukung, makannya muncul nama Ganjar – Erick,” terang Ujang.

Kemudian, Direktur LIMA, Ray Rangkuti menilai Erick Thohir memiliki keunggulan tak dimiliki kandidat lainya. Maka tentu Erick dinilai dapat membawa berkah secara elektoral.

“Erick Thohir juga punya kemampuan untuk mendongkrak suara, karena yang bersangkutan dapat menu tup kelemahan-kelemahan yang dimiliki dari elektabilitas capres,” pungkas Ray.***MIOL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *