Erick Thohir Sebut Piala AFF Bukan ‘Prioritas’

Olahraga692 Dilihat

JAKARTA || Ketum PSSI, Erick Thohir, mempunyai satu fokus untuk Timnas Indonesia. Skuad Garuda harus mengatrol ranking FIFA, Piala AFF jadi trial.

Hal itu diungkapkan oleh Erick kepada sejumlah pewarta termasuk detikSport di Kantor Kementerian BUMN, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2024).

Sudah satu tahun PSSI di bawah kepemimpinan mantan Presiden Inter Milan itu. Indonesia memang melejit di ranking FIFA.

Dalam peringkat FIFA terbaru, Indonesia ada di posisi ke-134. Posisi Indonesia itu sudah melesat 21 anak tangga dibandingkan tahun lalu.

Meski mengungkapkan pandangan pribadi, Erick tetap menegaskan harus berembug dengan semua stakeholder sepakbola di Indonesia.

“Hari ini peringkat dulu ya. Kan tidak mungkin peringkat 100 juara Asia Cup. Itu (peringkat) 50-an ke bawah untuk juara Asia,” kata Erick dalam diskusi dengan beberapa media termasuk detikSport.

“Kembali, ini yang saya tawarkan kepada nanti Liga, Exco, dan stakeholder. Jangan debat kusir di udara yang nanti membingungkan persiapan semua.”

“Kalau saya sudah pernah mengeluarkan, SEA Games kita fokus, Asian Games kita kirim tim muda, di AFC senior dan U-23 kita harus serius, di AFF sebagai trial saja,” kata dia menambahkan.

Lonjakan delapan anak tangga Timnas Indonesia di ranking FIFA bulan ini tak membuat Erick cepat puas. Dia kembali menegaskan target 100 besar.

“Sejak awal saya mau targetnya 100 besar, hari ini 134. Semua menulis loncatan tertinggi, so what? Belum 100. Jangan euforia terlalu dini. Ini naik delapan tingkat dari banyak negara Indonesia paling banyak. Belum seratus. Ambisius? Itulah saya,” kata Erick.

“Secepatnya. Kalau bisa sampai 2027. Tergantung window-nya. Ada hitungannya, saya tidak bisa tanpa hitungan. Target harus ada. Misal sama Irak seri, sama Filipina menang mungkin naik lagi. Kalau lolos Kualifikasi round 3 itu naik lagi atau nilainya berapa. Nanti di round 3 lawan siapa tidak tahu lagi, saya belum kebayang,” kata dia menambahkan.

Selain memperbaiki ranking FIFA, Timnas Indonesia sudah mencetak sejarah baru di era PSSI-nya Erick Thohir. Tim Merah-Putih lolos ke babak gugur Piala Asia untuk pertama kalinya pada Januari lalu.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *