Bupati Nias Hadiri Pagelaran Seni Budaya Di Kampus F-KIP UNIAS

Nias380 Dilihat

NIAS || Bupati Nias Ya’atulo Gulo, SE, SH, M.Si., sekaligus sebagai ketua Pembina Yaperti Nias, bersama Marinus Gea anggota DPR RI, yang juga Ketua Umum Yaperti Nias dan para civitas akademika Universitas Nias hadiri Pagelaran Seni Budaya Bertempat di halaman Kampus Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (F-KIP) Universitas Nias (UNIAS), Rabu (8/3/2023)

Kegiatan pagelaran seni budaya tersebut digelar oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia bekerjasama dengan Universitas Nias.

“Tujuan pelaksanaan pagelaran seni budaya ini untuk menyerap aspirasi masyarakat tentang metode atau kegiatan yang telah dilakukan oleh MPR RI guna menguatkan kelembagaan melalui pagelaran seni budaya Nias,” ungkap Ketua Panitia Yaredi Waruwu saat menyampaikan laporannya.

Sementara itu Dalam sambutan Ketua Umum Yaperti Nias, Marinus Gea mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga dan melestarikan budaya Nias.

“Jangan sampai orang lain mengklaim, baru nanti kita baru teriak-teriak mengatakan itu budaya Nias, tetapi secara hukum bukan lagi ditangan kita,” ucapnya.

“Oleh karena itu, mulai dari sekarang dalam jiwa generasi muda harus diperlihatkan dan ditanamkan supaya memahami apa yang menjadi kekayaan budaya Nias sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia,” Jelas Marinus

Menurut beliau hingga saat ini masih banyak budaya Nias yang belum mendapatkan bahkan belum terdata sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia karena belum memberikan dan mendaftarkan dalam mendapatkan perlindungan-perlindungan hukum.

Mengakhiri sambutannya, Marinus mengatakan jika pendidikan penguatan 4 pilar MPR RI untuk generasi muda penting dilakukan agar nilai-nilai yang terdapat dalam 4 pilar MPR RI (Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika) dapat tersampaikan.

Adapun atraksi budaya Nias yang ditampilkan pada kegiatan tersebut antara lain Tari Perang, Tari Moyo, Tari Maola, Folaya, Tari Tuwu, Tari Ya’ahowu, Tari Menampi Beras, Famadogo Omo dan Maena.***RESTU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *