Bupati Asahan Hadiri Pra Musrenbang Penyusunan RKPD Provsu Zona Pantai Timur

Asahan269 Dilihat

KISARAN || Bupati Asahan H Surya, BSc didampingi Kepala Bappeda dan OPD terkait mengikuti Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024, Zona Pantai Timur bertempat di The Hills Hotel dan Resort Sibolangit, Deli Serdang, Jum’at (03/03/2023)

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menyampaikan kepada para kepala daerah agar pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024, untuk memfokuskan pada sektor pertanian, peternakan dan infrastruktur, setelah program kebutuhan dasar, pendidikan dan kesehatan.

Pada kegiatan tersebut, Gubsu juga menyambut baik hadirnya sejumlah masyarakat yang menerima manfaat dari program pembangunan seperti bantuan pendidikan, bedah rumah, UMKM, nelayan, pertanian, serta kegiatan yang memicu peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Saya senang acara Pra Musrenbang digelar seperti ini. Bukan bermaksud untuk membuat sedih, namun bagaimana prioritas pembangunan ini kita kerjakan dengan benar,” ujar Gubsu.

Selain penerima bantuan, Gubsu juga mengingatkan tentang kemampuan anggaran daerah yang mungkin belum dapat sepenuhnya menjangkau seluruh kawasan. Meskipun secara ideal, keinginan untuk menyentuh seluruh sendi kehidupan masyarakat merupakan keniscayaan bagi seorang kepala daerah. Karenanya baik Gubernur maupun Bupati/Walikota serta jajaran, perlu memikirkan bagaimana program pembangunan bisa dinikmati rakyat, berdasarkan kewenangan masing-masing.

“Kalau tidak bisa melakukan perubahan, kita akan jadi susah sekali. Makanya saya ingin fokus, program (dalam Musrenbang RKPD 2024 mendatang) pembangunan pertanian, peternakan dan infrastruktur. Karena dampak pembangunan, banyak sekali areal persawahan menjadi perumahan dan membuat lahan pertanian terus berkurang,” jelas Edy.

Untuk itu, Edy berpesan kepada seluruh pimpinan OPD, agar merencanakan program kerja dengan baik. Sebab kebutuhan dasar pendidikan dan kesehatan perlu ditopang dengan upaya memajukan perekonomian masyarakat.

“Ayo kita bergandengan tangan, jangan pesimis, kita harus optimis. Kita yakinkan mampu. Untuk ini, saya sering ‘memarahi’ Kepala Dinas dalam mengejar program pembangunan. Sebab kalau ada kesalahan, yang salah itu bukan anak buahnya, tetapi komandannya (Kepala Daerahnya),” sebutnya.

Selain itu, Edy juga meminta Pimpinan OPD melakukan tugas dengan baik, terutama yang menyangkut program pembangunan yang membutuhkan koordinasi aktif dengan Kepala Daerah.

Sementara Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Gubernur yang menjadikan kabupaten tersebut sebagai tuan rumah pelaksanaan Pra Musrenbang RKPD 2024 zona Pantai Timur.

“Kami berharap semua tamu yang hadir di sini, mendapat kesan menyenangkan. Kita juga mengharapkan Pra Musrenbang ini menghasilkan program strategis, mendukung langkah pembanguan Sumatera Utara, provinsi yang bermartabat,” pungkasnya.

Adapun Kabupaten/Kota di Sumut yang masuk dalam zona Pantai Timur yakni Kabupaten Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara, Asahan, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu dan Labuhan Batu Selatan. Serta Kota Binjai, Medan dan Tanjungbalai.

Pada acara tersebut, seluruh daerah zona Pantai Timur menampilkan video potensi daerahnya masing-masing. Dilanjutkan dengan pembukaan Pra Musrenbang, ditandai dengan menabuh rebana secara serentak.

Juga ada penyerahan bantuan pembelian alat nelayan, benih padi unggulan serta pemberian jaminan sosial kepada pekerja oleh BPJS Ketenagakerjaan. Gubsu juga menyempatkan diri meninjau pameran produk UMKM dari Deli Serdang.

Sementara itu Bupati Asahan H Surya, BSc pada kesempatan ini juga menyampaikan dukungan Kabupaten Asahan dalam percepatan pelaksanaan prioritas Pembangunan dan Kegiatan Strategis Daerah Provinsi Sumatera Utara.***RBB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *