BI Sibolga Gelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 di Kepulauan Nias

Sumut545 Dilihat

SIBOLGA, informasiterpercaya.com || Bank lndonesia Kota Sibolga bersama TNI AL menggelar kegiatan kas keliling “Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2023“ yang dilakukan di wilayah Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (03/08/2023).

ERB merupakan layanan penyediaan uang rupiah layak edar melalui kas keliling yang dikhususkan kepada masyarakat di wilayah terdepan, terluar dan terpencil (3T).

Kas keliling menggunakan armada Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bontang-907-1 diberangkatkan dari Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan oleh Kepala KPw BI Sumut, Wira Kusuma bersama Anggota Komisi XI DPR RI, Gus Irawan Pasaribu dan Komandan Guskamla Koarmada I TNI Angkatan Laut, Tony Herdiyanto.

Kepala KPw BI Sumut, Wira Kusuma mengatakan, ERB merupakan wujud kontribusi nyata Bank lndonesia dalam menyediakan uang dalam jumlah yang cukup dan layak edar di seluruh wilayah NKRI termasuk wilayah 3T.

Dikatakan, dalam pelaksanaannya ada berbagai tantangan, mulai dari kondisi geografis, keberagaman tingkat pendidikan hingga penggunaan mata uang asing di beberapa wilayah, khususnya perbatasan. Maka BI bekerja sama dengan TNI AL sebagai elemen bangsa yang menjadi garda terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 di Kepulauan Nias ini akan berlangsung selama 6 hari sejak tanggal 3 hingga 8 Agustus 2023, KRI Bontang-907 akan mengunjungi 4 pulau terluar yaitu Pulau Tello, Pulau Tanahmasa, Pulau Tanahbala dan Pulau Sumuk di Kabupaten Nias Selatan.

“Kas keliling membawa modal penukaran untuk seluruh pulau tersebut sebanyak Rp 3,2 miliar yang didominasi oleh uang pecahan kecil (UPK),” kata Wira Kusuma

Wira menjelaskan, ERB merupakan implementasi perjanjian kerja sama antara BI dengan TNI AL tentang pendistribusian, pengamanan, dan pengawalan uang rupiah dari dan ke BI atau perwakilan BI, serta wilayah perbatasan terdepan, terluar dan terpencil di NKRI.

“Bahkan mulai tahun ini, cakupan kerja sama BI dan TNI AL semakin diperluas dengan adanya kolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam melakukan penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh,” kata Wira.

Pasalnya, kerja sama strategis yang telah terjalin sejak 2012 silam ini telah mewujudkan 92 kaIi kegiatan penukaran uang yang menjangkau sebanyak 480 pulau hingga 2022.

Pada 2023, ERB akan dilakukan 17 kali kegiatan di 17 provinsi dengan target kunjungan ke 85 pulau di wilayah 3T. Kegiatan ini merupakan kegiatan ke 13 setelah sebelumnya dilakukan di Kalimantan Utara.

Selain penyediaan uang layak edar melalui layanan kas keliling, ERB 2023 juga menghadirkan kegiatan lain yaitu, Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah, dan Program Bantuan Sosial Dedikasi untuk Negeri kepada masyarakat di sekitar pulau, siswa sekolah maupun rumah ibadah, serta program bantuan layanan kesehatan oleh TNI AL.

“Bank lndonesia akan senantiasa memastikan ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan layak edar guna mendukung kelancaran aktivitas perekonomian, serta memperkuat koordinasi antar Kementerian/Lembaga untuk memastikan uang Rupiah beredar dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah NKRI,” Jelasnya

Turut Hadir Dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Nias Selatan, Komandan Lanal Nias, Komandan KRI Bontang, Deputi Kepala Perwakilan BI Sibolga, Pimpinan Departemen Komunikasi dan Departemen Pengelolaan Uang Bank lndonesia Pusat, Forkompimda Kepulauan Nias, pimpinan perbankan dan undangan lainnya.***WASGO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *