Bos PPI: Duet Ganjar-Ridwan Kamil Bisa Kuasai Jawa

Politik1210 Dilihat

JAKARTA, informasiterpercaya.com || Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sempat membuat pernyataan bahwa Gubernur Jawa Barat yang juga Kader Golkar, Ridwan Kamil atau RK, merupakan sosok bakal calon wakil presiden (bacawapres) dari Ganjar Pranowo. Jika betul terjadi, duet Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil dinilai bisa menguasai Jawa.

“Duet Ganjar-RK kuasai pulau Jawa,” ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno kepada wartawan, Rabu (28/6/2023).

Ia menganggap duet tersebut sangat signifikan. Dalam beberapa simulasi survei yang dilakukan Parameter Politik, duet Ganjar-RK menjanjikan.

“Elektabilitasnya menjanjikan. Sebab RK merupakan cawapres yang masuk top three survei,” lanjut Adi.

Meski begitu, masalahnya ada pada Golkar. Sejauh ini, Golkar teguh pendirian tetap mendorong Ketum Airlangga Hartarto sebagai capres atau cawapres.

“Problemnya, capres/cawapres Golkar hasil munas itu Airlangga Hartarto, bukan RK. Kalau RK yang ditarget PDIP tentu problematik,” tambah Adi.

Bagi Adi, ada potensi besar yang bisa disumbangkan RK bagi Ganjar. Salah satunya suara warga Jawa Barat.

“Secara teritori, RK akan menyumbang suara signifikan ke Ganjar dari Jawa Barat. RK penguasa Jawa Barat dengan jumlah pemilih paling banyak se-Indonesia. Ini akan melengkapi kekuatan Ganjar yang kuat di Jateng dan Jatim,” ucap Adi.

“Kalau duet ini terwujud maka Ganjar-RK dipastikan unggul di pulau Jawa: Jatim, Jateng, dan Jabar. Jumlah pemilih di tiga provinsi ini mencapai 45 persen jumlah pemilih nasional,” sambungnya.

Pernyataan Hasto
Sebelumnya, Hasto Kristiyanto berpantun di hadapan Ridwan Kamil. Pantun tersebut menyinggung RK sebagai bacawapres Ganjar Pranowo.

Hal itu diungkapkan Hasto saat menghadiri groundbreaking Monumen Plaza Bung Karno yang bakal dibangun di Taman Saparua, Bandung, pada Rabu (28/6).

Pernyataan Hasto yang menyebut Ridwan Kamil sebagai bacawapres Ganjar diungkapkan dalam sebuah pantun. Hasto melempar pantun usai memberi sambutan di hadapan Ridwan Kamil yang turut hadir dalam groundbreaking Monumen Plaza Bung Karno.

“Kang Emil memang kaya prestasi. Memajukan Jabar penuh karya seni. Pemilu akan digelar beberapa bulan lagi. Bacawapres Pak Ganjar ternyata ada di sini,” kata Hasto disambut riuh tamu undangan.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *