Rakor HLM TPID, Penerapan Strategi 4k Jadi Kewajiban

Bengkalis800 Dilihat

BENGKALIS || Pemerintah Kabupaten Bengkalis melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), di Aula Pertemuan Dang Merdu, lantai IV kantor Bupati Bengkalis, Rabu, 15 Maret 2023.

Rapat yang mengangkat tema ‘Implementasi Pengendalian Inflasi dengan Rencana Aksi Roadmap 2023-2024 melalui Strategi 4k’ ini secara resmi dibuka Bupati Bengkalis Kasmarni, diwakili Plt Sekda Bengkalis, dr Ersan Saputra.

“Sudah menjadi kewajiban kita untuk menerapkan strategi 4k dalam pengendalian inflasi daerah. Yakni keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif. Terlebih lagi dalam waktu dekat, kita akan memasuki hari besar keagamaan Nasional yakni bulan Ramadhan dan juga Hari Raya Idul Fitri, yang biasanya diiringi dengan terjadinya peningkatan kebutuhan komoditas bahan-bahan pokok. yang mana dengan adanya peningkatan kebutuhan terhadap bahan-bahan pokok tersebut, justru dapat berimplikasi kepada kelangkaan barang dan kenaikan harga,” jelas Plt Sekda.

Melalui Rakor ini, diharapkan semua unsur TPID Kabupaten Bengkalis, untuk bersungguh-sungguh menunjukkan kerjasama, kerja keras serta komitmen sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing, dengan membangun langkah-langkah strategis, dalam memetakan setiap persoalan yang ada saat ini, meliputi harga, pasokan, distribusi dan koordinasi akan kebutuhan pokok masyarakat, termasuk kelangkaan dan tingginya harga sembako dan bapokting yang sedang menjadi pembicaraan hangat masyarakat saat ini.

“Kami minta masing-masing unsur TPID untuk memetakan, gambarkan apa saja upaya serta program yang akan kita tindak lanjuti saat ini, untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi di lapangan. Pemetaan dan upaya penyelesaian tersebut, harus akurat, valid dan tidak sekedar tertulis diatas kertas, akan tetapi harus terbukti penyelesaiannya, dan kami minta hal tersebut dilaporkan kepada kami dan juga kepada TPID provinsi maupun TPID pusat melalui aplikasi yang tersedia,” ujar Ersan.

Hadir dalam kegiatan Bank Riau Cabang Provinsi Riau, Rai Gian Wijaya, Inspektur Bengkalis, H Radius Akima, Kabag Perekonomian Setda Bengkalis, Khairi Fakhrizal, sejumlah tamu undangan dan para peserta Rakor.***INF