Istri Gembong Narkoba El Chapo Bebas dari Penjara AS

Ragam396 Dilihat

AMERIKA SERIKAT  || Emma Coronel Aispuro, istri gembong narkoba Meksiko Joaquin “El Chapo” Guzman, telah dibebaskan dari penjara di Amerika Serikat pada Rabu (13/9) waktu setempat. Wanita itu dibebaskan setelah menjalani hampir dua tahun dari tiga tahun hukuman penjara karena perdagangan narkoba dan pencucian uang.

Coronel yang berusia 34 tahun dibebaskan dari tahanan di Long Beach, California, menurut Biro Penjara Federal, dikutip kantor berita AFP, Kamis (14/9/2023).

Mantan ratu kecantikan, yang menikah dengan raja narkoba yang kejam ketika dia masih remaja tersebut, dijatuhi hukuman tiga tahun penjara oleh hakim AS pada November 2021.

Sementara Guzman diekstradisi dari Meksiko ke Amerika Serikat pada tahun 2017 dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada Juli 2019.

Selama persidangannya, jaksa dan pengacaranya mengatakan Coronel tidak terlibat dalam bisnis inti Kartel Sinaloa milik Guzman, yang mengirimkan ratusan ton kokain, heroin, metamfetamin, dan obat-obatan terlarang lainnya ke Amerika Serikat.

“Peran terdakwa sebenarnya sangat minim,” kata jaksa Anthony Nardozzi.

“Terdakwa bukan seorang pemimpin, organisator, atasan, atau manajer jenis lain,” cetus Nardozzi. “Sebaliknya, dia adalah roda penggerak dalam roda organisasi kriminal yang sangat besar,” tuturnya.

Coronel, yang membantu memfasilitasi pelarian spektakuler Guzman dari penjara Meksiko pada tahun 2015, secara teratur menghadiri persidangan suaminya di New York.

Sebagai warga negara ganda AS-Meksiko, Coronel dapat keluar masuk Amerika Serikat dengan bebas, sampai dia ditangkap di Bandara Internasional Dulles di luar Washington pada Februari 2021.***DTK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *